Selamat Datang!

Petani Berharap Harga Bawang Merah Stabil

BREBES-Petani bawang merah berharap harga bawang terus stabil, agar petani bisa menjual bawang merah di pasaran dengan harga standar. Mengingat masa panen bawang merah berbeda-beda dan bergantung juga dengan faktor irigasinya.

Desa Santunan Kecamatan Wanasari Kabupaten Brebes merupakan salah satu wilayah yang memiliki potensi pertanian, terutama bawang merah. Seperti umumnya beberapa wilayah lain di Kabuapten Brebes, di desa ini banyak dijumpai aktivitas petani bawang merah.

“Bawang merah musim panennya tergantung dari masa pertumbuhannya. Per hektar biasanya mencapai 3 sampai 6 ton bawang merah. Biasanya kendalanya pada saluran irigasi atau pengairannya,” kata Sukro, tukang tebas bawang merah.

Selain kendala irigasi, lanjut dia, selama ini untuk bawang merah yang pecah juga belum ada obatnya. Sementara sebagaimana hukum yang berlaku di pasar, dimana jika hasil produksi melimpah, maka harga akan turun. Sebaliknya jika produksi menurun, maka harga akan naik.

“Kalau produksi melimpah, maka harga akan turun, dan sebaliknya jika menurun, maka harga akan naik,” pungkasnya. (didik yuliyanto)
Share this post :
 
| |
Copyright © 2016. ranahpesisir - All Rights Reserved
Admin by redaksi
Proudly presetnt by ranahpesisir.com