Selamat Datang!

Bupati Brebes Ajak Masyarakat Melawan Hoax

Hj Idza Priyanti SE saat memimpin rapat koordinasi penanggulangan berita hoax/foto:wasdiun


BREBES-Bupati Brebes Hj Idza Priyanti SE saat memimpin rapat koordinasi penanggulangan berita hoax di Pendopo, Rabu pekan lalu mengajak masyarakat Kabupaten Brebes untuk melawan hoax atau berita bohong.

Menurutnya, hoax atau berita bohong yang tersebar di masyarakat, baik lewat mulut ke mulut maupun lewat media sosial bisa berakibat fatal, bahkan bisa menyebabkan korban jiwa bila tidak bisa menyikapinya secara bijak.

Bupati mengaku prihatin adanya berita yang tersebar dengan adanya penculikan anak-anak kecil oleh orang yang pura-pura gila. Sehingga masyarakat sampai termakan isu yang menjadikan orang gila menjadi korban.

“Mari kita giatkan siskamling demi keamanan masyarakat, tapi jangan main hakim sendiri, masyarakat jangan mudah percaya dengan informasi yang tidak jelas sumber beritanya,” tandas Bupati dihadapan jajaran Forkopimda dan OPD terkait.

Wakapolres Brebes Kompol Mashudi melaporkan, sejauh ini ada 7 kejadian penyebaran berita hoax yang membikin resah masyarakat. Kejadian itu, yakni di Kecamatan Bulakamba, Ketanggungan, Pasar Batang, Tonjong dan Banjarharjo.

“Bila ada hal-hal yang mencurigakan agar melaporkan ke Babinsa atau Babinmas setempat, dan jangan sampai main hakim sendiri. Berita bohong atau hoax bisa dijerat dengan Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE) atau Undang Undang Nomor 11 tahun 2008,” tegas Wakapolres Brebes.

Kepala Dinas Komunikasi, Informasi dan Statistik (Dinkominfotik) Kabupaten Brebes, Mayang Sri Herbimo menyatakan bahwa penyebaran berita hoax hanya bisa ditangani bila masyarakat tidak turut serta menyebarkannya.

Sementara terkait diatas, Pemkab Brebes juga akan membuat edaran hingga ke tingkat kepala desa untuk mewaspadai penyebaran berita bohong atau hoax.(didik yuliyanto)
Share this post :
 
| |
Copyright © 2016. ranahpesisir - All Rights Reserved
Admin by redaksi
Proudly presetnt by ranahpesisir.com