Selamat Datang!

TMMD Sengkuyung Tahap I Resmi Dibuka

Wabup Tegal Dra Umi Azizah saat menghadiri peresmian TMMD Sengkuyung Tahap I di lapangan sepak bola Desa Pedeslohor Kec Adiwerna/foto: s@n


SLAWI - Kegiatan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung Tahap I Tahun Anggaran 2017 Kabupaten Tegal resmi dibuka Wakil Bupati Tegal, Dra Umi Azizah di lapangan sepak bola Desa Pedeslohor Kecamatan Adiwerna, Kabupaten Tegal, Rabu (5/4).

Kegiatan tersebut mengusung tema “Dengan Semangat Kemanunggalan TNI dan Rakyat Kita Percepat Pembangunan di Daerah Guna Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Dalam Rangka Menjaga Keutuhan Wilayah NKRI”. 

Gubernur Jawa Tegah, Ganjar Pranowo SH MIP dalam sambutan yang dibacakan Wakil Bupati Tegal, Dra Umi Azizah mengatakan, program TMMD ini adalah bagian dari cara merawat jalan serta sebagai alat untuk mengikat kebersamaan secara gotong royong untuk mengatasi persoalan-persoalan bangsa kita hari ini.

“Karena mengatasi kemiskinan dan pengangguran, mewujudkan daulat pangan dan energi tidak mungkin mengandalkan pemerintah daerah saja,” ujarnya

Menurut Gubernur, sinergitas dan kemanunggalan TNI dengan rakyat, serta pemerintah pusat dan daerah melalui TMMD seperti ini menjadi kekuatan luar biasa untuk memajukan desa. Menggali dan mendayagunakan potensi serta berbagai isu/persoalan terkini dengan solusi.

”Pada prinsipnya masyarakat kita harus betul-betul dapat hidup secara baik, sehat dan sejahtera. Kemiskinan, kebodohan dan keterbelakangan harus kita atasi dan lawan. Apalagi di Jateng angka kemiskinan masih cukup tinggi,” ungkapnya

Dia mengemukakan, bahwa tahun 2016 angka kemiskinan di Jawa Tengah mencapai 13,19% dari total jumlah penduduk. Sedangkan tingkat pengangguran (TPT ) 4,63% dari angka kerja.

“Kemudian indeks pembangunan manusia ( IPM ) Jawa Tengah tahun 2015 berada dalam angka 69,49 %. Sedangkan pertumbuhan ekonomi Jawa Tengah pada tahun 2016 sebesar 5,28% dan angka laju inflansi sebesar 2,36 %,” lanjutnya.

TMMD Sengkuyung Tahap I tahun 2017 terbagi menjadi 2 sasaran, yakni sasaran fisik meliputi pembuatan talud, pengurugan dan pemasangan gorong-gorong. Sedangkan sasaran non fisik, antara lain penyuluhan TMMD, penyuluhan wawasan kebangsaan dan bela negara, penyuluhan anatomi teroris, penyuluhan balatkom, penyuluhan KB dan kesehatan serta penyuluhan kamtibmas.

Upacara diikuti pasukan dari berbagai satuan, diantaranya Yonif 407/PK, Kodim 0712/Tegal, Brigif 4/DR, Lanal Tegal, Satradar 214/Tegal, Satuan Linmas, KORPRI dan warga masyarakat.

Hadir dalam acara tersebut Danyonif 407/PK, Letkol Inf Abi Kusnianto, Pabung Kodim 0712/Tegal, Mayor Inf Ahmad Aziz, Dandenpomal Lanal Tegal Kapten Laut PM Satria Graha, Kabag Ops Polres Tegal Kompol Raden Dian Kusuma Asmoro, Kakanminvet Tegal Mayor Cba Agus Sunaryo, Danton Ki A Yonzipur 4/TK Letda Czi Pascal Ervansah.

Kemudian, mewakili Dantebek Tegal Lettu Cba Didi Wijayanto, mewakili Karumkit DKT Tegal Kapten Ckm Heri Prabowo, mewakili Dansatradar 214/Tegal Kapten Lek Bele Sihombing, mewakili Danbrigif 4/DR Kapten Inf Safari dan Muspika Kecamatan Adiwerna.(s@n&didik)
Share this post :

Berita Populer

 
| |
Copyright © 2016. ranahpesisir - All Rights Reserved
Admin by redaksi
Proudly presetnt by ranahpesisir.com