Selamat Datang!

Wujudkan K3, DLH Bersihkan Pantai Larangan

Kegiatan bersih Pantai Larangan untuk mewujudkan K3, Minggu (2/4) hasilkan 4 dump truk sampah/ foto: didik


SLAWI- Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Tegal bersama beberapa komunitas, pelajar dan pramuka serta warga masyarakat melakukan kegiatan bersih-bersih pantai. 

Kegiatan bersih-bersih pantai yang diikuti sekitar 500 orang, dilaksanakan di Pantai Larangan Desa Munjungagung, Kecamatan Kramat Kabupaten Tegal, Minggu pagi (2/4). 

Kepala DLH Kabupaten Tegal Agus Subagyo mengatakan, tujuan kegiatan bersih- bersih pantai antara lain adalah untuk mewujudkan K3, yakni kebersihan, keindahan dan kenyamanan lingkungan pantai.

“Tujuannya untuk mewujudkan K3, yakni kebersihan, keindahan dan kenyamanan lingkungan pantai, baik untuk wisata, tempat jualan kios-kios, komunitas pemancing maupun kelestarian pantai,” jelasnya. 

Kegiatan bersih-bersih pantai, masih kata dia, didukung oleh APEK (Angler Pemburu Kakap), Komunitas Pencinta Reptil Brebes-Slawi (KPRBS), Banser, BMMT Komunitas Motor Tegal, Komunitas Pencinta Pantai, Kelompok Pengawas Masyarakat Pantai (Pokwasmas), IPNU/IPPNU Kecamatan Kramat, pelajar, pramuka dan warga masyarakat.

“Kegiatan bersih-bersih pantai hari ini diikuti oleh 500 peserta. Alhamdulillah dapat sampah 4 (empat) dump truk, yang selanjutnya sampah tersebut dikirim ke TPA Penujah,” ungkapnya. 

Dalam kesempatan itu, usai melaksanakan kegiatan, siangnya acara dilanjutkan dengan hiburan pertunjukan reptil oleh Komunitas Pencinta Reptil Brebes dan Slawi. Jenis reptile itu diantaranya  ular dan iguana.

“Siang ada hiburan pertunjukan reptile, diantaranya king cobra, cobra, aneka ular python, aneka ular kecil dan iguana dari Komunitas Pencinta Reptil Brebes dan Slawi,” imbuhnya.

Pantai Larangan wisata alam potensial
Terkait destinasi wisata Kabupaten Tegal, dikatakan dia, Pantai Larangan kedepan bisa dikembangkan sebagai wisata alam potensial, yang memiliki garis pantai sepanjang 3 kilometer, cemara laut yang tumbuh subur dan pemandangan lepas pantai yang indah.

“Pantai Larangan sebagai salah satu destinasi wisata pantai yang ada di Kabupaten Tegal tidak kalah eksotiknya, jika dibandingkan dengan pantai lainnya, hanya tinggal dilakukan penataan dan pengembangan saja,” pungkasnya.

Pihaknya berharap dengan kegiatan positif yang berkelanjutan ini, Pantai Larangan Munjungagung bisa lebih bersih dan indah, sehingga dapat memberikan kenyamanan bagi para pengunjung.(didik yuliyanto)
Share this post :

Berita Populer

 
| |
Copyright © 2016. ranahpesisir - All Rights Reserved
Admin by redaksi
Proudly presetnt by ranahpesisir.com