Selamat Datang!

Antisipasi Lebaran, Lampu PJU Jalingkut Akan Ditambah.

Lampu higtmust atau tiang lampu sorot juga merupakan sarana dan prasarana umum yang berfungsi untuk memberikan penerangan pada setiap sudut jalan raya ataupun jalan umum lainnya. Salah satunya di pertigaan Jalan Brawijaya dan Mataram yang rutin dilakukan pengecekan dan perbaikan oleh Dinas PUPR Kota Tegal/foto: didik yuliyanto


TEGAL- Tiang lampu penerangan jalan umum (PJU) merupakan saranan dan prasarana umum yang berfungsi untuk memberikan penerangan pada setiap sudut jalan raya ataupun jalan umum lainnya, sehingga pada malam hari jalanan tersebut tidak gelap.

Dengan adanya tiang lampu PJU di setiap sudut jalan raya akan memberikan kenyamanan bagi setiap pengguna jalan raya, mulai dari pejalan kaki hingga pengendara bermotor.

Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Tegal guna mengantisipasi arus mudik dan balik lebaran tahun 2017  ini akan menambah lampu PJU di jalan lingkar utara (jalingkut) Kota Tegal.

Kepala DPUPR Kota Tegal Sugiyanto ST MT melalui Kabib PJU Sujatmiko ST kepada ranahpesisir.com, Selasa (30/5) mengemukakan, menjelang arus mudik dan balik lebaran tahun 2017 ini DPUPR akan menambah lampu PJU di area sepanjang jalingkut, dan untuk jumlah titiknya saat ini sedang dilakukan survei.

“Sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya, perencanaan dan pengaplikasian dari kebijakan teknis bidang pemasangan tiang lampu PJU ini sesuai dengan perencanaan, penataan, pengawasan, serta pemeliharaan fasilitas umum di jalan raya,” papar dia.

Selain di jalingkut, masih kata dia, tahun ini DPUPR juga akan kembali memasang lampu PJU baru di beberapa wilayah di Kota Tegal. Langkah itu dilakukan sebagai penopang arus perekonomian masyarakat dengan mengimplementasikan peningkatan sarana dan prasarana pendukung.

“Kegiatan tahun 2017 ini meliputi penggantian lampu lama dan pemasangan lampu baru di wilayah Kota Tegal. Diantaranya, ruas jalan protokal, komplek stasiun dan wilayah kecamatan yang ada  di Kota Tegal,” terang dia.

Peningkatan dan penambahan lampu PJU di jalingkut, lanjut dia,  merupakan salah satu solusi menciptakan sebuah kota yang aman dan menyenangkan, serta meningkatkan keselamatan dan kenyamanan pengguna jalan, khususnya pada malam hari saat arus mudik dan balik lebaran.

“Lampu PJU selain memberikan keindahan dan keamanan lingkungan, juga merupakan alat bantu navigasi pengguna jalan. Upaya itu juga dilakukan tidak hanya untuk mengantsipasi arus mudik dan balik lebaran saja, tapi juga untuk mendongkrak sektor pariwisata dan keindahan tata ruang kota,” jelas dia.

Intensifkan shift malam                                                                                                  


DPUPR melalui Bidang PJU juga rutin melakukan pengecekan lampu PJU di wilayah Kota Tegal. Intensitas pengecekan dan perbaikan tidak hanya dilakukan pada saat jam kerja pagi hingga sore saja, namun juga pada malam hari.

“Shift malam rutin dilaksanakan bersama, minimal selama dua jam kami berkeliling dengan menggunakan dua armada melakukan pengecekan, dan melaksanakan perbaikan jika ada lampu PJU maupun lampu highmust (tiang lampu sorot) yang mati,” jelas dia.

Menurut dia, kegiatan itu dilakukan guna meningkatkan keselamatan dan kenyamanan pengguna jalan. Selain itu juga, untuk menindaklanjuti laporan-laporan dari warga berkaitan dengan lampu PJU di Kota Tegal.

“Ada beberapa laporan dari warga yang masuk terkait lampu penerangan, dan langsung kami tindaklanjuti agar kenyamanan warga dan pengguna jalan tidak terganggu, mengingat PJU merupakan alat bantu navigasi jalan,” imbuh dia.

Ditambahkan, dengan jumlah  lampu PJU yang memadai dapat memberikan keamanan kepada masyarakat agar terhindar dari tindak kriminal, sehingga akan terbangun keamanan dan kenyamanan bagi masyarakat, termasuk menjadi dorongan bagi masyarakat luar daerah untuk datang ke Kota Tegal.

“Harapannya masyarakat pengguna jalan bisa aman, nyaman di jalan dan arus lalu lintas menjadi lancar, sehingga mampu mengurangi kemacetan serta kecelakaan, karena PJU juga bisa sebagai penunjuk arah atau tanda jalan,” pungkas dia. (didik yuliyanto)



Share this post :

Berita Populer

 
| |
Copyright © 2016. ranahpesisir - All Rights Reserved
Admin by redaksi
Proudly presetnt by ranahpesisir.com