Selamat Datang!

DLH Dorong Bertambahnya Sekolah Adiwiyata

SMP Negeri 1 Talang merupakan salah satu Sekolah Adiwiyata yang ada di Kabupaten Tegal/foto: doc smpn 1 talang


SLAWI- Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Tegal dengan semangat ‘Mbangun Berkah Gawe Bungah’ yang menjadi slogan HUT Kabupaten Tegal ke-416 tahun 2017 ini terus mengembangkan langkah positif.

Salah satu yang dilakukan DLH adalah mengembangkan budaya hijau kepada generasi muda, khususnya pelajar. Hal itu dilakukan sebagai langkah pijakan digulirkannya Program Adiwiyata, dengan harapan program ini mampu menciptakan anak didik yang berprestasi.

“Tujuan Program Adiwiyata ini digulirkan adalah untuk menciptakan kondisi yang baik bagi sekolah, agar menjadi tempat belajar mengajar atau pembelajaran dan penyadaran bagi warga sekolah,” kata Kepala DLH Kabupaten Tegal, Drs H Agus Subagyo MM.

Agus mengemukakan, ada empat komponen yang harus diwujudkan dalam Program Adiwiyata. Yakni , kebijakan berwawasan lingkungan, pelaksanaan kurikulum berbasis lingkungan, kegiatan lingkungan berbasis partisipatif dan pengelolaan sarana pendukung ramah lingkungan.


“Makna dan manfaat Program Adiwiyata ini adalah untuk mewujudkan generasi muda yang peduli dan berbudaya lingkungan,” terang Agus.

Agus berharap, budaya hijau dan bersih bisa tertanam dan diaplikasikan disemua lini kehidupan setelah pelajar lulus dari sekolah. Pihaknya juga akan terus berupaya mendorong bertambahnya sekolah berstatus Adiwiyata di Kabupaten Tegal.

“Saat ini di Kabupaten Tegal telah memiliki Sekolah Adiwiyata Nasional, yakni SMP Negeri 1 Slawi, SMP Negeri 1 Talang dan SDN Kabunan 01 Dukuhwaru,” jelas Agus.

Budaya bersih dan cinta lingkungan melalui jalur pendidikan, tambah Agus, telah berbuah prestasi yang layak diapresiasi. Tidak kurang 52 SD hingga SLTA sejak tahun 2014 berhasil meraih penghargaan, dan ditetapkan sebagai Sekolah Adiwiyata tingkat kabupaten, propinsi dan nasional. 

“Salah satunya adalah SMK Negeri 1 Adiwerna yang ditetapkan sebagai Sekolah Adiwiyata Mandiri Nasional pada bulan Juli 2016 oleh Presiden RI,” pungkas Agus.(didik yuliyanto)
Share this post :

Berita Populer

 
| |
Copyright © 2016. ranahpesisir - All Rights Reserved
Admin by redaksi
Proudly presetnt by ranahpesisir.com