Selamat Datang!

Pemkab Tegal Gelar Operasi Katarak Massal

Bupati Tegal Enthus Susmono saat hadir dan secara langsung membuka kegiatan operasi katarak massal dalam rangka HUT Kabupaten Tegal ke-416/foto: Humas Pemkab Tegal


SLAWI – Pemerintah Kabupaten Tegal melalui Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. Soeselo Slawi menggelar operasi katarak massal. Kegiatan tersebut merupakan rangkaian peringatan dalam rangka HUT Kabupaten Tegal ke-416 yang dibuka secara langsung oleh Bupati Tegal Enthus Susmono, Senin (8/5). 

Operasi katarak massal gratis yang diikuti 28 warga Kabupaten Tegal dihadiri secara langsung oleh Bupati Tegal, Enthus Susmono, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tegal, Plt. Direktur RSUD dr. Soeselo Slawi dan perwakilan dari Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah.

Dalam sambutannya Bupati Tegal mengatakan, bahwa berdasarkan data dari Kementerian Kesehatan RI disebutkan, katarak menyumbang 50 persen kebutaan di Indonesia. Diperkiraan juga, setiap tahun kasus baru karena katarak bertambah sebesar 0,1 persen dari total jumlah penduduk di Indonesia atau sekitar 250.000 orang.

“Namun, kemampuan untuk mengurangi jumlah pasien buta katarak di Indonesia baru 180.000 operasi per tahun,”  ujarnya.

Sebagai salah satu cara untuk mengatasinya,Pemkab Tegal bekerjasama dengan Badan Kesehatan Indera Masyarakat menggelar acara operasi katarak gratis ini. 

“Gratis untuk masyarakat Kabupaten Tegal yang kurang mampu dan belum mempunyai jaminan kesehatan,” pungkasnya.

Sementara, Plt. Direktur RSUD dr. Soeselo Slawi, dr. Titis Cahyaningsih menambahkan, ada beberapa faktor yang menyebabkan katarak lebih cepat muncul dan mengganggu penglihatan. Salah satunya karena penyakit diabetes mellitus.

“Indonesia menempati urutan kedua sebagai negara dengan pasien katarak terbanyak di dunia setelah Ethiopia,” imbuhnya.

Terkait hal tersebut, guna mewujudkan Indonesia Bebas Katarak 2020 maka melalui operasi katarak massal ini masyarakat yang terkena diharapkan dapat kembali sehat dan produktif untuk bersama-sama membangun  Indonesia yang lebih baik.  (@tix/didik)
Share this post :

Berita Populer

Statistik

 
| |
Copyright © 2016. ranahpesisir - All Rights Reserved
Admin by redaksi
Proudly presetnt by ranahpesisir.com