Selamat Datang!

Pendidik dan Calon Pendidik Harus Kreatif Memanfaatkan Peluang

Staf Khusus Menristekdikti Dr H Abdul Wahid Maktub berjabat tangan dengan Dekan FKIP UPS Drs Masfuad ES MPd dalam kegiatan Seminar Pendidikan yang dilangsungkan di Auditorium Darijoen Senoatmodjo Tegal/foto: jurnalpos


TEGAL- Untuk mencapai kesuksesan perlu ada keseimbangan antara perulangan, inovasi dan tekad yang kuat. Dalam menghadapi kompetisi di abad 21, khususnya bidang pendidikan perlu adanya critical thinking and problem solving, creativity and innovation, communication, and collaboration. 

Hal itu disampaikan Dr H Abdul Wahid Maktub, Staf Khusus Menristekdikti selaku narasumber seminar pendidikan dalam rangka Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) dan Dies Natalis ke-37, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Pancasakti (UPS) Tegal di Auditorium Darijoen Senoatmodjo UPS Tegal, Senin (15/5) lalu.

Menurutnya, sebuah universitas bisa menjadi universitas kelas dunia, caranya dengan menjalin kerjasama antar semua kalangan dalam mensinergikan usaha untuk meningkatkan kualitas lulusan, peneliti dan output yang lain.


“Seorang pendidik dan calon pendidik harus kreatif dan inovatif memanfaatkan peluang usaha. Selain itu, untuk mendukung revolusi mental, seorang pendidik juga harus inspiratif, memberikan teladan yang baik perihal mental, spiritual, intelektual, kultural dan struktural,” paparnya. 

Pendidikan karakter dalam lingkungan pendidikan, lanjutnya, harus dikembangkan agar lulusan yang dihasilkan mempunyai karakter yang baik. Yakni jujur, bertanggungjawab, amanah, berani, tekun, setia kawan, mempunyai integritas , rasa hormat dan semangat kebangsaan.

Dengan mengambil tema “Menuju Pendidikan Inspiatif yang Beretos Wirausaha dan Berkepribadian Pancasila” acara seminar didahului dengan pemotongan tumpeng dalam rangka memperingati Dies Natalis FKIP UPS.

Pemotongan tumpeng dilakukan oleh Dekan FKIP, Drs Masfuad ES MPd bersama Rektor UPS Prof Dr Wahyono SH MS, Ketua Yayasan Pendidikan Pancasakti (YPP) H Imawan Sugiharto SH MH, serta didampingi oleh Wakil Dekan I Dra Eleonora DW MPd, Sri Mulyati MPd dan Dr Hj Sitti Hartinah DS MM.

Yana Mulyana, Humas Universitas Pancasakti Tegal menambahkan, kegiatan seminar pendidikan yang dilaksanakan untuk tingkat pelajar/mahasiswa dan umum dihadiri oleh berbagai kalangan, yakni dosen, guru dan mahasiswa. (didik yuliyanto)



Share this post :

Berita Populer

 
| |
Copyright © 2016. ranahpesisir - All Rights Reserved
Admin by redaksi
Proudly presetnt by ranahpesisir.com