Selamat Datang!

Refleksi 15 Tahun, Politeknik Tegal Canangkan Visi Pendidikan Vokasional pada Tahun 2020

Politeknik Harapan Bersama telah mencanangkan sebuah visi kedepan, yakni menjadi Politeknik Berstandar Nasional dan Berwawasan Global Berbasis Pendidikan Vokasional pada tahun 2020 mendatang/foto: doc istimewa


TEGAL- Perjalanan 15 tahun adalah rentang waktu yang tidak pendek. Tentu banyak suka dan duka dalam membangun sebuah kepercayaan publik. Semangat mengembangkan dan meningkatkan kualitas pendidikan perguruan tinggi pun terus digelorakan.

Politeknik Harapan Bersama sendiri telah mencanangkan sebuah visi kedepan, yakni menjadi Politeknik Berstandar Nasional dan Berwawasan Global Berbasis Pendidikan Vokasional pada tahun 2020 mendatang.

Dibawah Yayasan Pendidikan Harapan Bersama, sejak didirikan berdasarkan SK Mendiknas RI Nomor 128/D/0/2002, Politeknik Harapan Bersama terus tumbuh menjadi perguruan tinggi berbasis vokasi yang diakui dan dipercaya oleh masyarakat Tegal, Brebes, Slawi, dan sekitar Jawa Tengah.

Kini, Polteknik Harapan Bersama Tegal telah mengukuhkan sebagai politeknik yang bermutu. maju dan berprestasi. Serangkaian prestasi yang telah ditorehkan oleh mahasiswa, dosen dan karyawan dibidang pengembangan teknologi, olahraga dan seni menjadi penyemangat dalam berkarya.


Direktur Politeknik Harapan Bersama Tegal, Ir MC Chambali B Eng MKom melalui Humas, Hesti Widianti SE MSi mengemukakan, serangkaian langkah telah dilakukan secara nyata, diantaranya menerapakan vokasi berbasis Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) pada seluruh program studi untuk mewujudkan lulusan yang kompeten.

Kemudian, meningkatkan kompetensi tenaga pendidik, tenaga kependidikan dan lulusan. Meningkatkan sarana dan prasarana sesuai dengan standar pendidikan dan industri. Menumbuhkan jiwa kewirausahaan bagi civitas akademika, meningkatkan kerjasama dengan mitra dan masyarakat di dalam dan luar negeri, serta memberikan pelayanan prima untuk tenaga pendidik, tenaga kependidikan, mahasiswa dan mitra masyarakat.

“Politeknik Harapan Bersama telah terakreditasi BAN-PT sebagai perguruan tinggi yang menyelenggarakan pendidikan dibidang vokasional (60% praktek dan 40% teori) dengan dosen pengampu berpendidikan S2 dan S3 yang memiliki kompetensi dan berkualitas, sehingga mampu melahirkan sumber daya yang siap bersaing di dunia kerja, serta melahirkan profesional muda di bidangnya,” jelas Hesti.

Sejak awal berdiri hingga saat ini, animo masyarakat terhadap  Politeknik Harapan Bersama makin meningkat. Terbukti, jumlah pendaftar tiap tahunnya terus bertambah.

“Sebagai komitmen guna memberikan pelayanan terbaik, pihak kampus terus membenahi sarana dan prasaran perkuliahan dan terus meningkatkan kualitas akademik,” tegas Hesti.

Fasilitas kampus yang tersedia, lanjut Hesti diantaranya, Asrama Mahasiswa, International Office, Cyber Campus Internet, Academic SMS Gateway, Ruang kuliah ber-AC, LCD Projector, Perpustakaan, Unit Kegiatan Mahasiswa, Café Campus dan sarana ibadah.


“Bengkel Otomotive, Lab Hardware&Jaringan, Lab Computer Multimedia, Lab Akuntansi&Pajak, Farmakognosi, Lab Kimia, Lab Fisika, Lab Teknologi Farmasi, Lab Kehamilam, Lab Persalinan, Lab Tumbuhkembang, Lab KB, Lab KDPK, Lab Perbankan, Lab Autocard, Lab Permesinan&Technologi, mobil dan bus kampus serta Sport Center,” papar Hesti.

Hesti menambahkan, dalam rangka memenuhi kebutuhan tenaga kerja yang terus meningkat di bidang teknologi, informatika dan kesehatan, Politeknik Harapan Bersama telah menyiapkan 7 program studi unggulan. Diantaranya, Sarjana Terapan Teknik Informatika, Diploma III Teknik Komputer, Diploma III Kebidanan, Diploma III Farmasi, Diploma III Akuntansi, Diploma III Teknik Mesin dan Diploma III Teknik Elektro. 

“Kehadiran Politeknik Harapan Bersama diharapkan dapat memberikan nuansa baru bagi pendidikan di Kota Tegal dan sekitarnya. Karena kemajuan sebuah perguruan tinggi sangat ditentukan oleh kerjasama dan kerja keras seluruh pihak yang terlibat didalamnya,” pungkas Hesti.(didik yuliyanto)

Share this post :
 
| |
Copyright © 2016. ranahpesisir - All Rights Reserved
Admin by redaksi
Proudly presetnt by ranahpesisir.com