Selamat Datang!

Walikota Pimpin Pelaksanaan Ramp Cek di Terminal Kota Tegal

Walikota Tegal KMT Hj Siti Masitha Soeparno menempelkan stiker sebagai tanda kendaraan tersebut telah lolos uji dan layak menjadi angkutan lebaran tahun 2017/foto: danu


TEGAL – Dalam menghadapi musim mudik lebaran tahun 2017 beberapa hari  kedepan, Pemerintah Kota (Pemkot) Tegal terus melakukan berbagai persiapan untuk melayani para pemudik.

Selain mempersiapkan pengamanan lalu lintas bersama jajaran Kepolisian Resor Tegal Kota. Pemkot Tegal melalui Dinas Perhubungan Kota Tegal melakukan kegiatan Ramp Check atau cek kelaikan kendaraan seperti bus yang akan digunakan untuk angkutan lebaran tahun 2017 di Terminal Kota Tegal. Rabu (14/6).

Komponen bus seperti setir, lampu, rem, ban, klakson hingga wiper menjadi beberapa komponen yang menjadi fokus pemeriksaan.
 
Walikota Tegal KMT Hj Siti Masitha Soeparno kepada awak bus meminta bantuanya untuk menyalakan mesin kendaraan, agar dapat langsung memeriksa kondisi seluruh komponen kelistrikan di bus tersebut.

Walikota juga meminta awak bus untuk menunjukan surat-surat kelengkapan kendaraan, seperti STNK dan Kartu Pengawasan angkutan lebaran dari Kementerian Perhubungan Darat. 

Bagi bus yang lolos ramp check, walikota kemudian menempelkan stiker sebagai tanda kendaraan tersebut telah lolos uji dan layak menjadi angkutan lebaran tahun 2017.

Walikota usai memimpin pemeriksaan mengatakan, uji ramp cek yang dilakukan merupakan bagian dari persiapan mengahadapi musim arus mudik yang beberapa hari lagi akan datang.

“Kelaikan kendaraan terutama angkutan bus harus diperhatikan untuk meminimalisir terjadinya kecelekaan. Karena itu, berbagai komponen bus seperti mesin, lampu, ban, hingga peralatan elektronik serta sistem kelistrikan dalam bus harus berfungsi normal,” tegas walikota.

Peralatan keselamatan seperti palu pemecah kaca bus, menurut walikota juga harus tersedia, sehingga apabila dibutuhkan alat tersebut dapat segera digunakan.

Walikota kepada warga Kota Tegal juga menyampaikan, bahwa dalam musim mudik tahun ini Pemkot Tegal juga menyediakan layanan mudik gratis bagi warga Kota Tegal yang berada di Jakarta dan sekiatarnya.

Layanan mudik gratis tersebut akan dilaksanakan pada H-3 lebaran yang akan dipusatkan di Taman Mini Indonesia Indonesia Indah (TMII). Pemkot Tegal akan menyediakan empat armada bus yang akan melayani pemudik dari Jakarta dan sekitarnya ke Kota Tegal,” pungkas walikota. (danu/didik)

Share this post :
 
| |
Copyright © 2016. ranahpesisir - All Rights Reserved
Admin by redaksi
Proudly presetnt by ranahpesisir.com