Selamat Datang!

BPJS Ketenagakerjaan Tegal Bertekad Tingkatkan Pelayanan

Walikota Tegal KMT Hj Siti Masitha Soeparno menandatangani prasasti peresmian gedung baru BPJS Ketenagakerjaan Kota Tegal/foto: Humas Pemkot Tegal


TEGAL- Badan Penyelenggaran Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan yang dulu bernama Jamsostek untuk lebih memberikan dan menyediakan pelayanan yang baik, kini telah memiliki gedung baru.

Gedung operasional baru BPJS Ketenagakerjaan Cabang Tegal yang berlokasi di Jalan MT Haryono No.8 Rt 02 Rw 13 Kelurahan Tegalsari Kota Tegal diresmikan dengan ditandai penandatanganan prasasti dan pemotongan rangkaian bunga melati oleh Walikota Tegal KMT Hj Siti Masitha Soeparno beserta jajaran Direksi BPJS Ketenagakerjaan, Senin (24/7) kemarin.

Walikota Tegal usai meresmikan gedung baru yang representatif tersebut langsung melakukan peninjauan. Menurutnya, untuk lebih meningkatkan pelayanan dan meningkatkan cakupan kepesertaaan, hendaknya BPJS Ketenagakerjaan mensosialisasikan diri pada semua lapisan masyarakat. Dengan harapan, keikutsertaan masyarakat pada program BPJS Ketenagakerjaan ini kepastian akan masa depan para pekerja lebih terjamin.

“Kita sampaikan kepada masyarakat, bahwa banyak manfaat yang kita peroleh dengan keikutsertaan program yang ada di BPJS Ketenagakerjaan ini. Saya sebagai kepala daerah tentu saja menginginkan masyarakat Kota Tegal mempunyai rasa aman, dan tentu saja selamat dimanapun mereka bekerja dengan kapasitas dan potensi masing masing,” terang Walikota.


Walikota menegaskan, Pemerintah Kota Tegal akan melakukan pendampingan serta bersinergi dengan BPJS Ketenagakerjaan untuk mendorong perusahaan-perusahaan yang mempunyai pekerja, khususnya warga Kota Tegal untuk dapat mengikuti program dari BPJS Ketenagakerjaan.

Direktur Utama BPJS Ketenagakerjaan Agus Susanto mengatakan, bahwa sebagai pemegang amanah undang-undang dalam penyelenggaraan program jaminan sosial bagi seluruh pekerja, akan  terus berupaya untuk meningkatkan pelayanan, termasuk infrastruktur kantor agar peserta dan calon peserta yang berkunjung ke kantor BPJS Ketenagakerjaan merasa aman.

“Dengan adanya gedung kantor baru di Kota Tegal ini, kami berharap dapat memberikan  kenyamanan dalam pelayanan untuk peserta,  memberikan suasana dan semangat baru untuk pegawai kami dalam menjalankan tugas meningkatkan kepesertaan dan memberikan pelayanan prima, mengingat potensi yang ada di area operasional cukup tinggi,” jelas Agus.

Sementara itu, Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Tegal, Alfian mengungkapkan, bahwa untuk pencapaian kepesertaan perusahaan aktif sampai bulan Juni, Kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Tegal telah berhasil mencapai 3.048 perusahaan, yakni 90% dari target tahun 2017. Sedangkan untuk tenaga kerja aktif telah mencapai 55.699 atau 95% dari target yang telah ditentukan. Sementara untuk perolehan iuran, dengan target iuran Pekerja Penerima Upah sebesar Rp. 71,732 milyar.

“Saat ini pencapaian sudah berada diposisi 56% dan untuk iuran Pekerja Bukan Penerima Upah dengan target Rp 1,23 milyar, 30% telah tercapai dan akan terus meningkat untuk dapat mencapai target yang telah ditetapkan oleh manajemen,” kata Alfian, lebih lanjut.

Alfian menambahkan, sampai saat ini Kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Tegal telah membayarkan klaim dengan total Rp.34,74 milyar untuk 6.284 pengajuan klaim yang terdiri dari Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) senilai Rp.952,94 juta untuk 93 kasus, Jaminan Hari Tua (JHT) senilai Rp.32,74 milyar untuk 6.103 kasus, Jaminan Pensiun (JP) senilai Rp.41,20 juta untuk 51 kasus, dan Jaminan Kematian (JKm) senilai Rp.1,04 milyar untuk 37 kasus.

“Kami akan terus berupaya untuk menyediakan kantor pelayanan dengan fasilitas yang lengkap, nyaman, informatif yang dilayani dengan sumber daya manusia handal dan profesional,” tegas Alfian.

Selain Walikota Tegal KMT Hj Siti Masitha Soeparno, Direktur Utama BPJS Ketenagakerjaan Agus Susanto serta Direktur Umum dan SDM BPJS Ketenagakerjaan Naufal Mahfud, acara peresmian juga dihadiri Kepala Kantor Wilayah Jawa Tengah dan DIY Irum Ismantara, Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Tegal Alfian dan pejabat daerah setempat. (Humas Pemkot Tegal/didik)


Share this post :
 
| |
Copyright © 2016. ranahpesisir - All Rights Reserved
Admin by redaksi
Proudly presetnt by ranahpesisir.com