Selamat Datang!

Walikota Hendi : KIM Harus Bisa Menjadi Corong Kebijakan Pemerintah

Walikota Semarang Hendrar Prihadi mengukukuhkan 25 pengurus Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) yang berasal dari berbagai elemen masyarakat, dan pengurus 17 kecamatan yang kompeten dibidangnya di Ruang Lokakrida Balaikota Semarang/foto: Humas Pemkot Semarang


SEMARANG- Setelah off cukup lama, kini Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) diaktifkan kembali oleh Walikota Semarang, Hendrar Prihadi. Hal ini ditandai dengan dikukuhkannya 25 pengurus KIM pada Rabu (26/7) di Ruang Lokakrida, Balaikota Semarang.

Ke dua puluh lima pengurus tersebut berasal dari berbagai elemen masyarakat dan pengurus 17 Kecamatan se-Kota Semarang yang berkompeten di bidangnya. Adapun ketua KIM yang terpilih untuk menjalankan amanah selama periode 2017-2022 adalah H. Mustain.

Dalam arahannya Walikota Semarang Hendrar Prihadi mengapresiasi keberadaan KIM yang sangat diperlukan sebagai penyambung antara pemerintah dengan masyarakat Kota Semarang.

“Perjuangan yang sangat luar biasa, KIM yang dulu pernah eksis, Alhamdulillah pada tahun 2017 ini akan kita aktifkan kembali untuk bermitra. Saya apresiasi kawan-kawan KIM” ujar Walikota yang akrab disapa Hendi.

Menurut Walikota, informasi saat ini begitu mudah masuk, sehingga diperlukan komunitas yang bisa memilah informasi-informasi yang akan disebarkan ke masyarakat, khususnya warga Kota Semarang.

“Informasi itu ibarat pisau bermata dua, dengan semakin cepat teknologi informasi berkembang, maka masyarakat akan dengan mudah menginformasikan segala hal yang terkait dengan lingkungan sekitar. Sementara di sisi negatifnya, pada saat informasi tersebut tidak didasari fakta-fakta yang akurat, maka akan menjadi informasi hoax” urai Walikota.

Walikota berharap agar pengurus KIM bisa menjadi filter penyeimbang antara program pemerintah dan juga kebutuhan masyarat di lapangan melalui aplikasi smart city yang dimiliki Pemerintah Kota Semarang seperti ‘Lapor Hendi’, P5M, dan Pusat Informasi Publik.

“Pada saat warga bertanya atau komplain tentang lingkungan, hendaknya KIM bias meneruskan ke Pemerintah Kota Semarang, supaya kita bisa melakukan perbaikan-perbaikan yang diinginkan warga,” lanjut Walikota.

Terakhir Walikota Semarang berpesan, agar KIM tetap bisa menyerap keinginan masyarakat terutama program-program yang harus ditindaklanjuti sebagai program prioritas, atau sebaliknya bisa menjadi sebuah corong dari kebijakan pemerintah yang mungkin belum diketahui oleh masyarakat saat ini.(Humas Pemkot Semarang/didik)
Share this post :

Berita Populer

Statistik

 
| |
Copyright © 2016. ranahpesisir - All Rights Reserved
Admin by redaksi
Proudly presetnt by ranahpesisir.com