Selamat Datang!

KKN UPS Tegal Sosialisasikan Bank Sampah

Eddi Praptono turut hadir dalam acara sosialisasi pengelolaan bank sampah di Kelurahan Debong Tengah Kecamatan Tegal Selatan Kota Tegal/foto: istimewa


TEGAL- Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Pancasakti (UPS) Tegal bekerjasama dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Tegal melaksanaakn kegiatan sosialisasi bank sampah di Kelurahan Debong Tengah Kecamatan Tegal Selatan Kota Tegal, baru baru ini.

Hal itu seperti yang disampaikan Humas Universitas Pancasakti Tegal, Yana Mulyana kepada ranahpesisir.com, Senin (7/8) kemarin.

Dikemukakan Yana, kegiatan yang dihadiri sekira 40 orang perwakilan dari setiap RT dan RW ini merupakan salah satu upaya yang dijalankan oleh mahasiswa KKN UPS Tegal, untuk bisa menggugah pertisipasi masyarakat dalam pengelolaan sampah.


“Upaya itu dilakukan KKN UPS Tegal dengan harapan perwakilan dari setiap pengurus RT dan RW bisa menyosialisasikan kembali kepada warganya mengenai pengelolaan sampah. Bisa mengetahui tentang jenis-jenis sampah (organik dan non organik) serta cara mengelola jenis-jenis sampah tersebut,” terang Yana.

Sementara itu, Andri Hendratmoko ST selaku narasumber dalam kegiatan tersebut mengungkapkan, bahwa cara mengelola sampah itu bisa dengan cara Reduce, Reuse dan Recycle yang biasa dikenal dengan K3.

“Cara mengelola sampah dengan Reduce itu berarti meminimalisir jumlah sampah dengan cara memilih barang yang tidak di pakai lagi,” jelas Andri.


Sedangkan Reus, lanjut Andri,  itu berarti memanfaatkan barang bekas agar tidak menjadi sampah, dengan cara memanfaatkan gelas air mineral menjadi pot bunga. Sementara mengelola sampah dengan cara Reycle, yakni memanfaatkan barang bekas agar tidak menjadi sampah, dengan cara mendaur ulang sampah-sampah yang ada di sekitar supaya bisa menjadi barang yang berguna.

“Misalnya seperti botol bekas bisa dijadikan vas bunga, lampion, tempat gelas dan lainnya,” pungkas Andri. (didik yuliyanto)
Share this post :

Berita Populer

 
| |
Copyright © 2016. ranahpesisir - All Rights Reserved
Admin by redaksi
Proudly presetnt by ranahpesisir.com