Selamat Datang!

LPPM UPS Tegal Gelar Pelatihan DPL KKN

LPPM UPS Tegal menyelenggarakan pelatihan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) KKN yang di ikuti oleh 50 dosen di Ruang MKU FISIP, belum lama ini/foto: istimewa.


TEGAL- Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Pancasakti (UPS) Tegal, menyelenggarakan Pelatihan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Ruang MKU FISIP kampus setempat, Sabtu (5/8) lalu.
Menurut Drs Ponoharjo MPd selaku Kepala LPPM UPS, kegiatan yang di ikuti 50 dosen itu bertujuan untuk memberikan pembekalan kepada dosen-dosen muda, agar mampu menjadi Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) KKN, dengan memperhatikan perkembangan kebutuhan kompetensi DPL pada masa kini.
“Disamping itu dengan pelatihan ini, dosen-dosen muda dengan jabatan fungsional akademik tahun 2018, berwenang untuk menjadi DPL KKN sesuai SOP yang berlaku, sehingga LPPM memiliki stok DPL yang memadai,” terangnya.

Adapun materi yang diberikan meliputi Hakekat KKN, KKN Pos Daya dan Pengembangannya (Daya Sakti), Pedoman Teknis KKN, Tugas dan Tanggungjawab DPL, Program Unggulan KKN, Kesinambungan KKN dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi, Komunikasi Massa (Public Speaking), Best Practices (Succes Story) dan KKN PPM.
Ia menargetkan inovasi dalam pelatihan ini adalah, DPL mampu mendorong munculnya program unggulan dalam membimbing KKN. DPL dapat mengkaitkan dan menindaklanjuti tugas membimbing KKN dengan kegiatan penelitian, pengabdian maupun pembelajaran.
Selain itu, DPL memiliki kemampuan komunikasi yang memadai dalam proses pembimbingan, baik komunikasi dengan mahasiswa, masyarakat maupun pihak-pihak yang terkait dengan KKN. Termasuk, DPL terinspirasi dan mampu menyusun proposal KKN PPM untuk diajukan ke DRPM Dikti.
“Sehingga salah satu luaran pelatihan ini adalah Proposal KKN PPM,” tegasnya.

Hadir sebagai pembicara dalam kegiatan tersebut, Dr Burhan Eko Purwanto M Hum, Irfan Santosa ST MT, Dra Mursyidah DH SH MH, Drs Ponoharjo MPd, Agus Wibowo ST MT, Dr Ir Suyono MPi, Dra Oemi Hartati MSi dan Yanti Puji Astuiti SE MSi. (didik yuliyanto)
Share this post :

Berita Populer

 
| |
Copyright © 2016. ranahpesisir - All Rights Reserved
Admin by redaksi
Proudly presetnt by ranahpesisir.com