Selamat Datang!

Ospek, Pengenalan Awal Bagi Mahasiswa Baru

Sebanyak 1.335 orang calon mahasiswa baru mengikuti kegiatan Orientasi Studi Pengenalan Kampus (Ospek) di Auditorium Darijoen Senoatmodjo UPS Tegal/foto: istimewa


TEGAL- Perguruan Tinggi merupakan lembaga pendidikan formal yang mengemban amanah untuk menciptakan masyarakat akademik yang cakap ilmu, dan menjadi agen perubahan sosial (agent of social change). Perguruan Tinggi juga secara formal merupakan pendidikan lanjutan yang mempunyai perbedaan cukup mendasar dengan pendidikan formal sebelumnya, yaitu pendidikan menengah yang terdiri dari pendidikan menengah umum dan pendidikan menengah kejuruan baik yang berbentuk Sekolah Menengah Atas, Madrasah Aliyah, Sekolah Menengah Kejuruan.

Universitas Pancasakti (UPS) Tegal terkait diatas menyelenggarakan Orientasi Studi Pengenalan Kampus (OSPEK) di Auditorium Darijoen Senoatmodjo selama 3 hari (26-28/8). Kegiatan dengan tema “Membentuk Mahasiswa yang Kritis dan Aktif untuk Mengamalkan Tri Dharma Perguruan Tinggi” diikuti oleh 1.335 orang calon mahasiswa.
Rektor UPS Tegal Prof Dr Wahyono SH MH saat memberikan materi Ospek bagi calon mahasiswa baru

Rektor UPS Tegal Prof Dr Wahyono SH MS dalam sambutanya menyampaikan 3 hal penting, yakni Pertama, Ospek merupakan fase transisi mengenal dan beradaptasi dari seorang mahasiswa menjadi mahasiswa. Kedua, Membentuk mental mahasiswa teladan dengan mengamalkan nilai nilai Tri Dharma Perguruan Tinggi, dan Ketiga, Materi yang bermamfaat dan berkualitas, mendasar pada akademik maupun non akademik.

Adapun tujuan Ospek, masih kata Rektor, adalah mengenal dan memahami lingkungan kampus Unversitas Pancasakti sebagai suatu lingkungan akademis, serta memahami mekanisme yang berlaku di dalamnya. Menambah wawasan mahasiswa baru dalam penggunaan sarana akademik yang tersedia di Unversitas Pancasakti  secara maksimal, dan mempersiapkan mahasiswa agar mampu belajar di Perguruan Tinggi, serta mematuhi dan melaksanakan norma-norma yang berlaku di Unversitas Pancasakti.
Fajar Ari Sadewo tak ketinggalan berikan materi Ospek bagi calon mahasiswa UPS Tegal

Selain itu, menumbuhkan rasa persaudaraan kemanusiaan di kalangan civitas akademika dalam rangka menciptakan lingkungan kampus yang nyaman, tertib, dan dinamis. Menumbuhkan kesadaran mahasiswa baru akan tanggungjawab akademik dan sosialnya sebagaimana tertuang dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Sementara Humas UPS Tegal, Yana Mulyana menjelaskan, penyelenggaraan Ospek yang berlandaskan pada SK Dirjen Dikti No.38/DIKTI/Kep/2000 tentang Pengaturan Kegiatan Penerimaan Mahasiswa Baru di Pendidikan Tinggi, pada dasarnya untuk memberikan pengenalan awal bagi mahasiswa baru.
Suasana kegiatan Ospek bagi calon mahasiswa baru UPS Tegal di Auditorium Darijoen Senoatmodjo

“Pengenalan itu berkenaan dengan sejarah kampus, lembaga-lembaga yang ada di kampus, jenis-jenis kegiatan akademik, sistem kurikulum, cara pembelajaran yang efektif di perguruan tinggi, para pimpinan universitas, fakultas dan dosen serta yang lainnya,” terang Yana.

Yana menambahkan, Ospek yang diselenggarakan selama 3 hari diisi dengan berbagai kegiatan, diantaranya materi pengenalan akademik, materi mahasiswa di Perguruan Tinggi, pengenalan BEM dan UKM, materi intelektual muda membangun bangsa, materi wawasan kebangsaan, lingkungan hidup, serta inagurasi penampilan seni dan budaya.(didik yuliyanto)
 



Share this post :
 
| |
Copyright © 2016. ranahpesisir - All Rights Reserved
Admin by redaksi
Proudly presetnt by ranahpesisir.com