Selamat Datang!

Sidang Terbuka Senat UPS Tegal, Kukuhkan Mahasiswa Baru

Calon mahasiswa baru usai mengikuti kegiatan Ospek selama tiga hari dan Sidang Terbuka Senat Universitas Pancasakti Tegal dalam rangka Pengukuhan Mahasiswa Baru Tahun Akademik 2017/2018 meluapkan kegembiraannya di Auditorium Darijoen Senoatmodjo/foto: istimewa


TEGAL- Universitas Pancasakti (UPS) Tegal menyelenggarakan Sidang Terbuka Senat Universitas Pancasakti Tegal dalam rangka Pengukuhan Mahasiswa Baru Tahun Akademik 2017/2018). Sidang diikuti oleh seluruh mahasiswa baru yang dilanjutkan dengan Kuliah Umum dengan tema “Pemantapan Nilai-Nilai Pancasila Sebagai Wujud Indentitas Bangsa” disampaikan oleh Prof Dr Masrukhi MPd, Selasa (29/8) kemarin.

Rektor UPS Tegal Prof Dr Wahyono SH MS dalam sambutanya menyampaikan selamat datang kepada mahasiswa baru di Universitas Pancasakti Tegal. Rektor berharap, semoga mahasiswa baru bisa menggunakan kesempatan ini untuk belajar dengan baik.
Rektor UPS Tegal Prof Dr Wahyono SH MH saat memakaikan topi kepada mahasiswa baru

“Bisa berkarya dan mengembangkan kepribadian, serta harus berpikir dan berjiwa ilmiah dengan argumentasi yang mendukung, dalam hal ini menguasai ilmu pengetahuan juga harus bertanggung jawab secara akademik,” jelas Rektor.

Sambutan yang berbeda disampaikan Ketua Yayasan Pendidikan Pancasakti (YPP) Tegal, Dr H Imawan Sugiarto SH MH. Dikemukakan Imawan, bahwa kesiapan dalam memberikan pelayanan yang terbaik ini telah dibuktikan dengan dibangunya banyak fasilitas dan sarana prasarana.

”Disamping itu juga mengembangkan terus sumber daya manusia (SDM) dengan mewajibkan kepada seluruh dosen untuk menempuh studi lanjut, sehingga akan menunjang terhadap perolehan akreditasi yang maksimal,” tegas Imawan.
Mahasiswa baru UPS Tegal nampak antusias mengikuti Sidang Terbuka Senat

Acara dilanjutkan dengan pengukuhan mahasiswa baru yang diwakili oleh mahasiswa baru dari masing-masing Fakultas dan Program Pasca Sarjana. Penyematan Jas Almamater dan Pemakaian Topi UPS dilakukan oleh Ketua Senat UPS dan didampingi oleh Sekretaris Senat UPS Dr Dino Rozano MPd.

Sebagai penutup rangkaian acara diisi dengan Kuliah Umum oleh Prof Dr Masrukhi MPd, seorang Guru Besar Univertitas Negeri Semarang, dan sekarang menjabat Rektor Universitas Muhammadiyah Semarang. Kuliah Umum tersebut membawakan materi yang berjudul “Memantapkan Kembali Pancasila Sebagai Identitas Bangsa” (Sudut Pandang Perjuangan Mahasiswa).
Prof Dr Masrukhi MPd saat memberikan materi kuliah umum

Inti dari kupasan materi tersebut adalah Pancasila sebagai sebuah sistem nilai merupakan identitas bangsa Indonesia, yang membedakannya dengan bangsa-bangsa lain di dunia. Di bawah naungan sistem nilai Pancasila ini, pluralitas masyarakat yang meliputi suku, agama, ras, dan budaya, ternaungi secara memadai untuk menjadi sebuah bangsa yang kokoh dan bermartabat.

Era global, melahirkan fenomena transnasional yang dampaknya adalah terjadinya subordinasi nasionalisme sebuah bangsa. Bangsa-bangsa yang memiliki nasionalisme rapuh akan dengan mudah terseret oleh arus transnasionalisme ini. Pada umumnya transnasional ini diwarnai oleh ideologi kapitalisme, yang sama sekali bertolak belakang dengan ideologi Pancasila.

Oleh karena itu, jika bangsa Indonesia tidak teguh dalam menghayati dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila, tidak tertutup kemungkinan bangsa Indonesia akan kehilangan identitas jati dirinya, dan melebur menjadi bangsa yang transnasional. Disinilah perlunya upaya secara terus menerus revitalisasi nilai-nilai Pancasila baik sebagai filsafat bangsa, dasar negara, maupun sebagai pandangan hidup bangsa.

Acara tersebut juga dihadiri oleh seluruh Pejabat Struktural dan para tamu undangan lainnya. (didik yuliyanto)


Share this post :
 
| |
Copyright © 2016. ranahpesisir - All Rights Reserved
Admin by redaksi
Proudly presetnt by ranahpesisir.com