Selamat Datang!

Tiga Dosen FT UPS Tegal Lakukan Pendampingan Teknologi Tepat Guna

Tiga Dosen Fakultas Teknik (FT) Universitas Pancasakti (UPS) Tegal melakukan kegiatan pendampingan Teknologi Tepat Guna/foto: doc


TEGAL- Peningkatan mutu dan kualitas hasil produksi di masyarakat dalam rangka mewujudkan Kabupaten Brebes yang sejahtera dan berdikari tentunya harus ditopang oleh sarana produksi, teknologi dan inovasi yang handal. Oleh karena itu, perlu upaya meningkatkan kreativitas dan inovasi (KRENOVA) masyarakat berupa teknologi dan inovasi yang bermanfaat serta mudah diterapkan (dari warga oleh warga dan untuk warga).

Terkait diatas, tiga Dosen Fakultas Teknik (FT) Universitas Pancasakti (UPS)  Tegal, yaitu Ahmad Farid ST MT, Irfan Santosa ST MT, M Agus Shidiq ST MT melakukan kegiatan pendampingan Teknologi Tepat Guna Dalam Rangka Persiapan Pengajuan Proposal Krenova Propinsi Jawa Tengah.

Ahmad Farid ST MT mengemukakan, penghargaan dan pendampingan yang dilakukan oleh Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan Daerah Kabupaten Brebes adalah bentuk apresiasi, dalam upaya meningkatkan kreativitas dan inovasi masyarakat Brebes sendiri, agar mampu bersaing dan berkompetisi ditingkat nasional.

“Banyaknya kreativitas yang baru dan unik, namun belum bisa dibilang inovasi, karena kurang layak, belum dapat diwujudkan dan secara komersial belum menguntungkan. Oleh karena itu,  dengan bentuk pendampingan ini masyarakat perlu dipacu, agar secara nyata dapat lebih kreatif dan inovatif, sehingga berkontribusi secara nyata bagi peningkatan kesejahteraan,” terangnya.


Lebih lanjut dijelaskan bahwa, tujuan dan manfaat dari kegiatan pendampingan ini adalah untuk memotivasi munculnya ide atau gagasan baru pada hasil atau  produk Krenova yang telah ada. Untuk lebih memahami gambaran teknis aspek pengembangan teknologi atau inovasi produk. Untuk mempersiapkan karya-karya inovatif selanjutnya, agar mampu bersaing dan berkompetisi di tingkat nasional.

Adapun manfaat dari kegiatan ini diantaranya, dapat memberikan ide atau gagasan baru dalam menyempurnakan hasil-hasil produk Krenova yang ada, sehingga lebih layak dan mampu jual. Dapat lebih kreatif dan inovatif, sehingga berkontribusi secara nyata bagi peningkatan kesejahteraan.

Sedangkan target capaian dalam bentuk pendampingan ini diharapkan dapat membuka gagasan atau  ide baru, sehingga produk atau alat lebih kreatif, inovatif dan berkualitas. Produk atau  alat termodivikasi serta Proposal tersusun sesuai sistematika dan sampai terkirim ke tingkat Provinsi Jawa Tengah. Hasil modifikasi produk dapat di tampilkan dalam Lomba Krenova tingkat Provinsi Jawa Tengah. Produk yang ditampilkan diharapkan masuk nominasi pemenang.


Pendampingan yang dilakukan lebih fokus pada produk atau alat hasil Krenova berupa Lampu Sensor Suara, Alat Pencuci Telur, Alat Pengupas Kulit Nanas Pneumatis, Alat Penyiram atau Penyemprot Hama dan  Alat Pendeteksi Orang Otomatis (APO).

Ditambahkan, kegiatan pendampingan merupakan upaya untuk dapat meningkatkan kualitas produk atau alat Krenova. Pendampingan dilaksanakan melalui proses observasi alat interview dan proses review proposal, serta pembuatan skema gambar teknik dan Peningkatan kualitas produk atau alat krenova ditentukan oleh kesiapan dari kreator atau pemilik alat, sehingga pendampingan yang dilakukan selama 2 bulan ini diharapkan dapat memacu dan memotivasi para kreator supaya bermanfaat dan bisa meningkatkan kesejahteraan.(FT UPS/didik)
Share this post :
 
| |
Copyright © 2016. ranahpesisir - All Rights Reserved
Admin by redaksi
Proudly presetnt by ranahpesisir.com