Selamat Datang!

UPS Tegal Selenggarakan Jonit International Conference

Teuku Afrizal PhD saat memapaparkan contoh kasus pemberdayaan masyarakat yang telah dikembangkan oleh University Malaysia Sabah yakni Bank Sampah, saat hadir di Kampus UPS Tegal/foto: istimewa


TEGAL- Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Pancasakti (UPS) Tegal menyelenggarakan Joint International Conference dengan University Malaysia Sabah, di Kampus UPS Jalan Halmahera KM 1 Kota Tegal, Selasa (15/8) lalu.

Kegiatan itu mengambil tema “Democracy and Community Empowerment Through Sustainable Development”. Kegiatan ini juga  merupakan bentuk kerjasama antara kedua universitas ini.

Para peserta delegasi dari University Malaysia Sabah, antara lain Prof Madya Dr Rozasman Hussin, Prof Madya Dr Jabil Mapjabil, Dr Jalihah Md Shah, Prof Madya Dr H Baharudin Mohd Arus, Prof Hasyim, Teuku Afrizal PhD, Puan Badariyah, Prof Dr Ismail Ibrahim, dan Dr Puad.

Mereka datang ke UPS Tegal untuk melaksanakan joint international conference dengan pembahasan kasus-kasus demokrasi dan pemberdayaan di Sabah, Malaysia.

Kegiatan tersebut tidak hanya dihadiri oleh delegasi dari University Malaysia Sabah, namun juga dari UGM, UNIKAL dan UNSOED. International Conference terbagi menjadi sub-tema, yakni Democracy dan Empowerment Community Sustainable Development. 

Teuku Afrizal PhD dalam kesempatan itu mengungkapkan, contoh kasus pemberdayaan masyarakat yang telah dikembangkan oleh University Malaysia Sabah, yakni Bank Sampah dengan memanfaatkan masyarakat dalam sebuah perumahan untuk berperan aktif menjaga lingkungan.

Model yang diterapkan ialah memanfaatkan bantuan dari pemerintah dengan melibatkan perguruan tinggi untuk mengontrol aktifitas pemberdayaan masyarakat,” jelas Teuku Afrizal.

Sehingga apabila ada kelompok masyarakat yang tidak dapat menjaga kebersihan lingkungan, maka lembaga kontrol tersebut melaporkan kepada pihak pemerintahan untuk memberikan sanksi, seperti pemutusan listrik sementara oleh pemerintah. 

Sementara, tindak lanjut setelah kegiatan ini nantinya akan dilaksanakan penelitian kerjasama antara FISIP UPS dengan Faculty of Humanities, Art and Heritage. Dengan Tema Community Empowerment Through Sustainable Development.(didik yuliyanto)

Share this post :
 
| |
Copyright © 2016. ranahpesisir - All Rights Reserved
Admin by redaksi
Proudly presetnt by ranahpesisir.com