Selamat Datang!

Ganjar Pranowo: Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Tetap Kuat

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo usai menghadiri acara seminar nasional, melakukan sesi foto bersama dengan Civitas Akademika UPS Tegal/foto: yekti


TEGAL- Pertumbuhan Ekonomi Indonesia tetap kuat. Pasalnya, ekonomi domestik hingga triwulan III 2016 tercatat tumbuh di atas 5 persen, didorong oleh stabilnya konsumsi RT, belanja konsumi dan investasi pemerintah. Disamping itu dari sisi lapangan usaha, sektor konstruksi, informasi dan komunikasi, perdagangan, serta jasa keuangan menjadi pendorong.

Hal itu disampaikan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dalam materinya saat menghadiri Seminar Nasional bertajuk “Kebijakan Dan Strategi Pembangunan Nasional Daerah Dalam Dinamika Masyarakat Ekonomi ASEAN” yang digelar di Universitas Pancasakti (UPS) Tegal, Sabtu (16/9).

“Realisasi investasi meningkat, terutama PMDN, dan mulai beralih dari sektor primer ke sektor sekunder. Defisit neraca berjalan menurun, cadangan devisa meningkat, tingkat inflasi stabil dan rendah, serta posisi rupiah dan IHSG lebih baik dibandingkan diawal tahun,” kata Ganjar.

Dikemukakan Ganjar, Indonesia adalah sebagai negara tujuan yang menarik untuk para investor. Sebab berdasarakan survey JBIC tahun 2015, diantara negara-negara ASEAN lainnya, Indonesia paling diminati oleh investor. Kinerja kemudahan berusaha (Ease of Doing Business) di Indonesia semakin baik.

“Indonesia telah berhasil, peringkat EODB 2017, yaitu dari peringkat 106 menjadi peringkat 91 dari 189 negara, dan kenaikan peringkat itu didorong oleh perbaikan diberbagai komponen seperti memulai usaha, pendaftaran property, penyambungan listrik serta pembayaran pajak,” terang Ganjar.

Meningkatkan kesiapan publik domestik dan kepemimpinan Indonesia

Lebih jauh dijelaskan Ganjar, guna meningkatkan kesiapan publik domestik dan meningkatnya peran (kontribusi), serta kepemimpinan Indonesia di ASEAN diperlukan beberapa poin penting. Diantaranya, penguatan diplomasi inklusif Indonesia di ASEAN untuk mewujudkan kawasan yang aman, stabil dan sejahtera sesuai kepentingan nasional.
Rektor UPS Tegal Prof Dr Wahyono (tengah) bersama Gubernur Ganjar Pranowo

Selain itu, peningkatan peran Indonesia dalam penguatan sentralitas, dan peran ASEAN dalam guliran arsitektur kawasan dan global,” ujar Ganjar yang menyempatkan mampir di Kantor DPC PDI Perjuangan Kota Tegal.

Kemudian, meningkatkan dukungan dan mendorong pelaksanaan Treety of Amity and Cooperation dalam mendorong traktat persahabatan, serta kerjasama di kawasan Asia Pasifik dan kawasan lainnya. Termasuk, mendorong pelaksanaan peran (kontribusi) Indonesia dalam South East Nuclear Weapon Free Zone di kawasan.

“Selanjutnya, meningkatkan peran Indonesia dalam pengelolaan konflik kawasan termasuk sengketa Laut Tiongkok Selatan melalui mekanisme ASEAN. Meningkatkan peran partisipatif aktif Indonesia di East Asia Sumiit (EAS), termasuk mendorong penyusutan road map, serta intervensi kebijakan pemerintah terkait masyarakat ASEAN,” pungkas Ganjar.(didik yuliyanto)






Share this post :
 
| |
Copyright © 2016. ranahpesisir - All Rights Reserved
Admin by redaksi
Proudly presetnt by ranahpesisir.com