Selamat Datang!

Rektor UPS Tegal: Moment Wisuda Hendaknya Dijadikan Starting Pint

Sidang Senat Terbuka Universitas Pancasakti (UPS) Tegal dalam rangka Wisuda Magister ke-3, Sarjana yang ke-58 dan Ahli mAdya ke-37 Periode II tahun 2017/foto: didik


TEGAL- Moment wisuda pada hari ini hendaknya dapat dijadikan starting pint dalam mengabdikan diri di masyarakat, demi kemanusiaan serta kemakmuran bangsa dan negara. Gelar kesarjanaan dan sebutan Ahli Madya yang telah dapat diraih, hendaklah dijadikan modal untuk memulai pengabdian di masyarakat secara nyata.

Hal itu disampaikan Rektor UPS Tegal Prof Dr Wahyono SH MS saat memberikan sambutan Sidang Senat Terbuka Universitas Pancasakti (UPS) Tegal dalam rangka Wisuda Magister ke-3, Sarjana yang ke-58 dan Ahli Madya ke 37, periode II tahun 2017, Sabtu (9/9).

Terkait Sidang Senat Terbuka UPS Tegal, sebanyak 754 mahasiswa di wisuda. Mereka terdiri dari Program Pascasarjana 9 orang, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) 417 orang, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) 15 orang, Fakultas Ekonomi (FE) 225 orang, Fakultas Hukum (FH) 40 orang, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) 18 orang, Fakultas Teknik (FT) 30 orang.  

Dengan demikian, Universitas Pancasakti Tegal telah berhasil mencatat, meluluskan 39 orang Magister dan 18.533  orang Sarjana Strata Satu dan 757 orang Ahli Madya.

Pada kesempatan yang berbahagia ini, kami atas nama sivitas akademika Universitas Pancasakti Tegal mengucapkan selamat dan sukses kepada para wisudawan beserta keluarga, yang telah berhasil menempuh studi hingga dapat mengikuti acara wisuda dipagi ini,” kata Rektor.

Kualitas suatu perguruan tinggi bisa dilihat dari pencapaian nilai akreditasi program studi maupun institusi. Berkenaan dengan hal tersebut, maka seluruh potensi yang dimiliki terus diupayakan untuk meningkatkan nilai akreditasi yang telah dicapai saat ini. 
Rektor UPS Tegal Prof Dr Wahyono SH MS

Dari akreditasi C agar menjadi B, dan yang akreditasi B menjadi A. Untuk itu diperlukan sinergi yang sangat kuat dari seluruh unsur pengelola, pelaksana, sivitas akademika, serta pihak-pihak terkait demi kemajuan Universitas Pancasakti Tegal.

Sebagai gambaran upaya yang dapat kita raih dari unsur-unsur akademik maupun non akademik, sesuai Peraturan Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi No.44 Tahun 2015 Tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi, dimana memiliki 24 standar yang harus kita capai,” jelas Rektor.

Untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia khususnya dosen, maka Universitas Pancasakti Tegal setiap tahun mengirimkan dosen-dosen untuk studi lanjut ke jenjang S3 di Perguruan Tinggi ternama di Indonesia. Pada tahun 2016-2017 telah berhasil lulus 3 orang doktor baru

Yakni, Dr Rahmad Agung Nugroho Msi, Dr Faridah MSi, Dr Yoga Prihatin MPd. Sedangkan dosen-dosen yang telah mengikuti ujian tertutup sebanyak 2 orang, diantaranya Edy Praptono SH MH dan Fajar Ari Sadewo SH MH.

Hingga saat ini jumlah Doktor di Universitas Pancasakti Tegal menjadi 31 orang. Sedangkan yang masih  menyelesaikan studi sebanyak  16  orang,” kata Rektor.

Upaya peningkatan sarana dan prasarana pendidikan bagi mahasiswa, terus menerus perlu di tingkatkan. Hal ini demi meningkatnya kualitas dan pemenuhan standar sarana prasarana Fakultas maupun Program Studi. 

Pencapaian peningkatan ini ditandai dengan telah selesai dibangunnya perluasan ruang perkuliahan Fakultas Ekonomi, ruang Perpustakaan pusat yang representatif, Laboratorium Fakultas Teknik dan Gedung Auditorium.

Diharapkan dengan pencapaian peningkatan-peningkatan di bidang sarana prasarana tersebut  memberikan kenyamanan bagi mahasiswa, didalam mengikuti kegiatan perkuliahan maupun kegiatan akademik lainnya,” lanjut Rektor.

Guna meningkatkan daya saing serta mewadahi para lulusan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan masuk Level 7, maka dipandang perlu untuk membuka program profesi. Maka pada tahun akademik 2016-2017 UPS Tegal telah mengajukan penambahan 5 Program Profesi Guru (PPG).

Antara lain, Program Studi PPG Bidang Pendidikan Matematika, Program Studi PPG Bidang Pendidikan Bahasa Indonesia, Program Studi PPG Bidang Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Program Studi PPG Bidang Pendidikan Bahasa Inggris, dan Program Studi PPG Bidang Pendidikan Ekonomi.

Bidang kemahasiswaan
Tugas bidang kemahasiswaan adalah memberikan bimbingan kreativitas mahasiswa, mengembangkan bakat minat mahasiswa serta layanan kesejahteraan kepada mahasiswa. Pada tahun akademik 2016-2017 ini, bidang kemahasiswaan telah banyak prestasi yang dapat di raih.

Prestasi itu antara lain, Meningkatnya jumlah PKM yang dapat diterima Dikti, Meningkatnya jumlah mahasiswa berprestasi memperoleh biasiswa, Organisasi kemahasiswaan yang semakin mantap, Pengiriman Mahasiswa ke luar negeri, dan Melaksanakan pelatihan karya ilmiah mahasiswa.

Bidang kerjasama
Kerjasama bertujuan untuk meningkatkan kualitas akademik, profesionalitas SDM, memperluas jaringan kemitraan, menyelenggarakan satuan pendidikan atau program studi bertaraf internasional atau berbasis keunggulan lokal, meningkatkan sarana prasarana serta dana, meningkatkan kesejahteraan dosen/karyawan, dan meningkatkan kontribusi UPS Tegal terhadap pihak lain.

Guna meningkatkan jaringan kerjasama yang lebih luas, maka bidang kerjasama  senantiasa terus meningkatkan jalinan kerjasama, baik dalam negeri maupun luar negeri, baik dengan PTS maupun PTN,” tambah Rektor.

Kerjasama luar negeri yang telah berhasil dirintis adalah, melakukan kerjasama 5 Perguruan  Tinggi di Malaysia, Melakukan Kerjasama 4 Perguruan Tinggi di Thailand, Mengirimkan Dosen  mengajar  dan studi lanjut di Thailand dan Malaysia, Mengirim Mahasiswa untuk belajar  di Thailand dan Malaysia.

Menyelenggarakan Seminar Internasional  bersama dengan Universitas Malaysia di Sabah, Penerbitan Journal Ilmiah bersama dengan Universitas Malaysia Sabah, Pengiriman Transfer Kredit ke Thailand atas bantuan biaya dari Kemenristekdikti.

Sedangkan kerjasama dalam negeri yang telah dapat dilaksanakan, yakni MoU dengan Mahkamah Kostitusi RI, BNSP, BSNI, Badan Bahasa RI, BI, Bank Jateng dan lain sebagainya.

MoU Multikampus di Indonesia melalui ADRI, MoU dengan Pemda di wilayah Eks Karesidenan Pekalongan, dan Kerjasama dengan ADRI dalam rangka menjadi member DOAJ.

“Semua tidak lepas dari hasil kerjasama dari semua pihak yang terkait, maka pada kesempatan ini saya ucapkan terimakasih kepada seluruh sivitas akademika Universitas Pancasakti Tegal, Pemerintah daerah, instansi pemerintah dan swasta serta masyarakat luas, sehingga Universitas Pancasakti Tegal dapat maju dan berkembang sesuai dengan tuntutan dan perkembangan saat ini,” pungkasnya. (didik yuliyanto)





Share this post :
 
| |
Copyright © 2016. ranahpesisir - All Rights Reserved
Admin by redaksi
Proudly presetnt by ranahpesisir.com