Selamat Datang!

UPS Tegal Dirikan IKM Bambu Babakan Sakti.

Tim dosen Universitas Pancasakti Tegal mendirikan Industri Kecil Menegah (IKM), dan telah diresmikan dalam sebuah acara yang digelar di Balaidesa Babakan Kecamatan Losari Kabupaten Brebes/foto: istimewa.


BREBES-Salah satu program usulan yang dilakukan oleh tim dosen Universitas Pancasakti (UPS) Tegal adalah mendirikan Industri Kecil Menengah (IKM). IKM itu kini telah diresmikan dalam sebuah acara yang digelar di Balaidesa Babakan, Kecamatan Losari Kabupaten Brebes, Kamis (14/9) kemarin.

Upaya positif tersebut dilakukan sebagai kelanjutan dari program KKN-PPM UPS Tegal tahun pendanaan 2017 dari DRPM Dikti di beberapa wilayah di Kabupaten Brebes.

Kepala LPPM UPS Tegal Drs Ponoharjo MPd menjelaskan, progress program yang telah dilaksanakan dimulai dari pelatihan Trainning of Trainer (ToT) pengrajin di Desa Brajan Sendangagung, Sleman DIY selama dua bulan sampai dengan menghasilkan beberapa produk kerajinan bambu.
Kepala LPPM Drs Ponoharjo MPd saat menjelaskan progress program yang telah dilaksanakan dari pelatihan hingga menghasilkan kerajinan bambu.

“Dilanjutkan dengan pelatihan online shop dengan memilih admin anak-anak warga Desa Babakan yang bersekolah di SMK jurusan multimedia,” kata Ponoharjo yang juga selaku Ketua Program KKN-PPM.

Dikemukakan lebih lanjut, bahwa simulasi pembelian produk telah dilakukan oleh tim dosen, dan saat ini online shop sudah siap beroperasi. Nama online shop yang telah didirikan adalah BBS Craft yang dapat diakses di Tokopedia, Bukalapak, Shopee dan Instagram.

“Sepeninggal tim KKN-PPM diharapkan masyarakat Desa Babakan bisa mandiri, dan dapat melanjutkan usaha ini, sehingga lebih maju dan meningkat,” harap Ponoharjo.
Acara juga dihadiri Kabid Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Brebes Abidah Sholehah, Wakil Camat Losari Eko Yusworo SH dan tamu undangan lainnya.


Sementara itu, Kabid Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Brebes, Abidah Sholehah menyambut baik pendirian IKM Bambu Babakan Sakti. Menurutnya, kegiatan ini sangat bermanfaat bagi masyarakat.

“Kegiatan ini juga mampu meningkatkan perekonomian, dan kerajinan bambu Desa Babakan tidak kalah dengan kerajinan hasil dari daerah lain,” ungkap Abidah.

Hal senada juga disampaikan Wakil Camat Losari, Eko Yusworo SH. Ia juga menyambut baik kegiatan positif di wilayah Losari yang tergolong masih minim tingkat perekonomiannya.

“Keberadaan kampus, terutama Universitas Pancasakti Tegal sangat membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” pungkasnya. (didik yuliyanto)


Share this post :
 
| |
Copyright © 2016. ranahpesisir - All Rights Reserved
Admin by redaksi
Proudly presetnt by ranahpesisir.com