Selamat Datang!

Yayasan Damandiri dan UPS Tegal Gagas Program Pemberdayaan Masyarakat Miskin

Pelaksanaan rekrutmen guru PAUD Yayasan Dana Sejahtera Mandiri Desa Pesantunan Kecamatan Wanasari Kabupaten  Brebes/foto: istimewa


BREBES- Dalam rangka mengurangi jumlah warga miskin dan upaya mencapai SDG’s, Yayasan Damandiri bekerjasama dengan Pemkab Brebes dan Universitas Pancasakti (UPS) Tegal, menggagas dan memperkenalkan sekaligus mengajak masyarakat untuk melaksanakan program pemberdayaan keluarga miskin.

“Program pemberdayaan keluarga miskin tersebut harus dilakukan secara terpadu dan menyeluruh, agar seluruh fungsi keluarga untuk hidup layak seperti kesehatan, pendidikan, dan ekonomi dapat terpenuhi,” kata Dra Mursyidah SH MH dari LPPM UPS Tegal, Sabtu (9/9) lalu.

Desa Mandiri Lestari

Dijelaskan dia, Desa Mandiri Lestari adalah desa yang mampu bekerja secara gotong royong dan modern dengan memanfaatkan sumber daya lokal, serta menjaga kelestariannya guna menghapus kemiskinan dan menciptakan kesejahteraan serta kemandirian dengan bersendikan nilai-nilai Pancasila.

Tujuannya adalah terwujudnya kesejahteraan dan kemandirian rakyak perdesaan secara lestari. Mempunyai sasaran untuk membangun dan memantapkan usaha keluarga produktif, inovatif dalam kelompok yang solid dan modern, serta menjadi anggota koperasi yang sehat dan maju.

“Salah satunya di Desa Pesantunan Brebes yang sudah terbentuk KUD Berkah Mandiri. KUD ini sebagai ujung tombak bersama dengan kepala desa untuk mewujudkan Pesantunan sebagai Desa Lestari,” ungkapnya.

 Dari sekian banyak program yakni sosial budaya, ekonomi dan koperasi, contoh di bidang pendidikan adalah adanya dukungan dana pembiayaan dari Yayasan Damandiri dengan merenovasi 3 PAUD, membuat 1 PAUD baru, dan merekrut guru PAUD baru di Desa Pesantunan.

 “Nantinya sebanyak 30 guru, baik  lama dan baru akan diberikan pelatihan serta mendapat dana motivasi per bulan dari Yayasan Damandiri yang dikucurkan lewat KUD Berkah Mandiri Desa Pesantunan,” terangnya.

Rekrutmen guru PAUD

Sementara Humas UPS Tegal, Yana Mulyana menambahkan, dalam hal perekrutan guru PAUD baru, Koperasi Berkah Mandiri berkerja sama dengan LPPM UPS Tegal yang diwakili oleh Dra Mursyidah SH MH dan 3 orang pendamping menyeleksi guru PAUD baru yang dilaksanakan tanggal  9 September 2017, di Balaidesa Pesantunan.
Metode tes tertulis dan wawancara untuk menyaring calon pendidik PAUD yang kompeten


“Diharapkan dengan metode tes tertulis dan wawancara akan menyaring calon-calon pendidik guru PAUD yang kompeten. Sehingga  hasil yang diharapkan terlayaninya pendidikan usia dini bagi seluruh anak balita di Desa Pesantunan,” lanjut Yana. 

Kemudian, masih kata Yana, teredukasinya seluruh ibu balita tentang pola pengasuhan anak menjadi balita yang cerdas, berkepribadian, berperilaku sosial yang tinggi, mampu berkomunikasi dengan baik, terampil dan mandiri.Intervensi dari Yayasan Damandiri selain merenovasi dan membangun PAUD baru, juga membantu perlengkapan ruang aktifitas meja dan kursi, serta almari arsip, termasuk fasilitas permainan dalam dan luar ruangan.

“Selanjutnya dalam pengembangan PAUD kedepanya, Tim yang dibentuk KUD Berkah Mandiri dan kepala desa bersama dengan tim pendamping dari LPPM UPS Tegal akan selalu berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Brebes, UPT Pendidikan Brebes dan Himpaudi Brebes,” pungkas Yana. (didik yuliyanto)



Share this post :
 
| |
Copyright © 2016. ranahpesisir - All Rights Reserved
Admin by redaksi
Proudly presetnt by ranahpesisir.com