Selamat Datang!

Beni Habibi Raih Gelar Doktor Manajemen Pendidikan

Beni Habibi (tengah) Dosen Prodi Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Pancasakti Tegal meraih gelar Doktor Manajemen Pendidikan/foto: istimewa
TEGAL- Beni Habibi yang kesehariaanya adalah Dosen Program Studi (Prodi) Pendidikan Ekonomi (PE) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Pancasakti (UPS) Tegal berhasil mempertahankan Sidang Ujian Terbuka Disertasi di Universitas Negeri Semarang, Kamis (18/1).

Beni Habibi dalam kesempatan itu mengambil judul "Pengaruh Budaya Organisasi, Kompensasi, Kompetensi Pedagogik, Supervisi Akademik dan Motivasi Guru Terhadap Kinerja Guru Mata Pelajaran Produktif SMK Bisnis dan Manajemen di Kota Tegal"

Dikemukakan Beni Habibi, Disertasi tersebut dijelaskan dalam abstrak, bahwa pendidikan merupakan salah satu pilar bangsa yang mempunyai peran strategis, untuk membangun karakter suatu bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa.

"Keberhasilan penyelenggara pendidikan, sangat ditentukan oleh kesiapan guru dalam mempersiapkan proses pendidikan melalui proses belajar mengajar," tegasnya.
Gelar Doktor Manajemen Pendidikan diraih Beni Habibi setelah berhasil mempertahankan Sidang Ujian Terbuka Disertasi di Universitas Negeri Semarang/foto: istimewa

Pada masa sekarang ini, masih kata Beni, permasalahan bagaimana kinerja guru lebih banyak dikaitkan dengan mutu pendidikan. Penelitian ini mengkaji kinerja guru dengan berbagai faktor yang mempengaruhinya.

"Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif, populasi penelitian seluruh guru mata pelajaran produktif SMK Bisnis dan Manajemen di Kota Tegal yang berjumlah 202 guru," terangnya.

Ukuran sample penelitian 130 guru. Data dikumpulkan melalui kuesioner, yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Analisis dengan analisis jalur software SPPS versi 19, dan uji Sobel untuk menguji variabel mediasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis data korelasi sederhana, dan regresi berganda dengan bantuan SPSS Windows versi 19.

"Adapun tahap pelaksanaan analisis meliputi: 1. Analisis deskriptif 2. Uji prrsyaratan analisis 3. Uji hipotesis dengan analisis jalur 4. Uji Sobel tes," ujarnya.
Beni Habibi saat melakukan sesi foto bersama/foto: istimewa

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1.Pengaruh budaya organisasi, kompensasi, kompetensi pedagogik dan supervisi akademik terhadap motivasi kerja guru terbukti dan diterima. 2.Pengaruh budaya organisasi, kompensasi, kompetensi pedagogik dan supervisi akademik terhadap kinerja guru terbukti dan diterima. 3.Pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja guru terbukti dan diterima.

"Kesimpulan ada pengaruh positif dan signifikan budaya organisasi, kompensasi, kompetensi pedagogik, supervisi akademik dan motivasi kerja guru terhadap kinerja guru. Disarankan agar guru terus meningkatkan motivasi kerjanya dan memahami tentang supervisi akademik dalam melaksanakan tugas dengan berbagai faktor penentunya," lanjutnya.

Kompetensi pedagogik perlu terus ditingkatkan, mengingat guru sebagai media utama dalam pembelajaran bagi siswa harus memiliki kemampuan mengajar yang baik, dan sebagai wadah untuk mengembangkan kinerja guru.

"Yang artinya kompetensi pedagogik yang didukung dengan motivasi kerja yang baik maka kinerja guru meningkat atau lebih baik," imbuhnya.

Ditambahkan, Tim penguji terdiri dari: Prof Dr H Achmad Slamet MSi selaku ketua, Prof Dr Tri Jaka Kartana MSi, Dr Titi Prihatin MPd, Prof Dr Rasdi Ekosiswoyo MSc, Prof Dr Rusdarti MSi, Dr Achmad Rifai RC MPd dan Prof Dr Tri Joko Raharjo MPd telah meluluskan Beni Habibi yang berhak menyandang gelar Doktor.(didik)
Share this post :

Berita Populer

 
| |
Copyright © 2016. ranahpesisir - All Rights Reserved
Admin by redaksi
Proudly presetnt by ranahpesisir.com