Selamat Datang!

Indonesia Aman Tegal Siap Menyambut 189 Negara Annual Meetings IMF-WGB Oktober 2018 di Bali Perwakilan Bank Indonesia Tegal



Dua Peserta dari akademisi wilayah Tegal Mahben Jalil Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pancasakti Tegal dan Choliq Sabana Dosen Fakultas Ekonomi Universitas Pekalongan menghadiri International Monetary Fund'World Bank Group (IMF-WBG) Annual Meeting 2018 kepada Regional Opinion Maker yang dilaksanakan di Bali pada 12-13 Juli lalu.
 
Pertemuan itu mendiskusikan perkembangan ekonomi dan keuangan global serta isu-isu terkini seperti outlook ekonomi global, stabilitas keuangan global, kemiskinan, pembangunan, lapangan kerja, perubahan iklim serta isu-isu global lainnya.

Melalui proses yang cukup panjang sejak Indonesia mengajukan minat dan proposal bidding sejak September 2014, akhirnya mendapat restu dari sebagian besar anggota dan ditetapkan menjadi tuan rumah Annual Meeting IMF-WGB 2018 pada bulan Oktober mendatang.

Kegiatan IMF-World Bank Group Annual Meeting merupakan pertemuan tahunan yang diselenggarakan oleh Dewan Gubernur World Bank dan IMF. Pertemuan tersebut akan membahas berbagai perkembangan ekonomi dan keuangan global dengan isu-isu terkini.

International Monetary Fund (IMF) -World Bank Group (WBG) yang beranggotakan 189 dari 194 negara di dunia rutin mengadakan pertemuan tahunan yang diselenggarakan secara bergantian oleh setiap anggota sebagai tuan rumah.

Untuk diketahui alur penyelenggaraan  sidang IMF ini adalah tahun pertama dan kedua diselenggarakan di Washington DC dan pada tahun ketiga baru diselenggarakan di salah satu negara anggota. Maka bisa kita bayangkan setelah menjadi tuan rumah kali ini, Indonesia baru bisa menjadi tuan rumah lagi lima ratusan tahun kemudian.

 
Melihat banyaknya negara anggota (189 negara) maka kesempatan untuk menjadi tuan rumah penyelenggaraan sidang tersebut sangat lama baru bisa terjadi lagi. Bisa kita simpulkan betapa pentingnya acara ini bagi Indonesia.


Adapun peserta yang akan menghadiri pertemuan di Bali bulan Oktober 2018 nanti yaitu delegasi resmi sebanyak 3.000 - 4.000 orang; investor sebanyak 3.500 -5.000 orang; observer sebanyak 1.000 orang; institusi lainnya sebanyak 1.000 orang; CSO sebanyak 500 orang dan lainnya sebanyak 1.000 orang.
Disamping IMF-WBG Annual Meeting pada waktu yang bersamaan akan dilakukan G24,G7,G20 dan Regional Meeting, dengan total pertemuan 2000 pertemuan secara simultan dengan jumlah terbesar di dunia dari sektor keuangan dan perekonomian.

"Tujuan keikutsertaan ini adalah untuk mensosialisasikan atau mempromosikan Indonesia sebagai tuan rumah pelaksanaan Annual Meeting yang akan diselenggarakan bulan Oktober 2018 mendadatang di Nusa Dua Bali, yang akan diikuti 189 negara dengan jumlah peserta 12.000-15.000 orang," 

Annual Meeting yang akan dilaksanakan pada bulan Oktober 2018 nanti akan dihadiri menteri keuangan , gubernur bank sentral ,CEO Industri keuangan, akademisi Terkemuka, lembaga internasioanl, perwakilan LSM, anggota parlemen dan media dari 189 negara dunia.

Dengan mengusung visi The World is Coming To Indonesia. Indonesia reformed, resilient and progressive sehingga mendukung tercapainya pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan dan inklusif.

"Harapannya kegiatan ini mampu memberikan benefit untuk meningkatnya persepsi masyarakat Indonesia yaitu kebanggaan terhadap Indonesia yang mampu menjadi tuan rumah. Sedangkan dari luar negri meningkatnya kepercayaan terhadap Indonesia, disamping itu kegiatan ini juga di harapkan mampu meningkatkan investasi, perdagangan dan pariwisata yang pada gilirannya akan meningkatkan kesejateraan rakyat Indonesia," katanya.

Dengan begitu bisa kita dapatkan sebanyak 12.500 -15.000 orang akan menghadiri pertemuan tersebut. Angka yang sangat besar tentunya untuk suatu pertemuan resmi. Bagi Indonesia secara umum bisa kita katakan dengan satu kalimat yaitu "Dunia datang ke Indonesia" (World is Coming to Indonesia).

 

 

Share this post :
 
| |
Copyright © 2016. ranahpesisir - All Rights Reserved
Admin by redaksi
Proudly presetnt by ranahpesisir.com