Selamat Datang!

Rapat Pemilihan Panitia Pilkades Kendaldoyong

Pelantikan panitia Pilkades Kendaldoyong Kecamatan Petarukan Kabupaten Pemalang/foto: yusmiladi
PEMALANG- Dalam rangka pilihan kepala desa (Pilkades) serentak tahun 2018, Desa Kendaldoyong Kecamatan Petarukan Kabupaten Pemalang, menjadi salah satu desa yang ikut serta dalam pesta demokrasi tersebut. Dari 19 desa yang ada di wilayah Kecamatan Petarukan, sebanyak 16 desa menggelar Pilkades. 2 desa akan melaksanakan tanggal 2 September, sementara 14 desa lainnya akan melaksanakannya secara serentak pada 14 Oktober mendatang.

Terkait diatas, Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Kendaldoyong selaku lembaga desa yang mempunyai wewenang dalam pembentukan panitia Pilkades menggelar rapat dengan agenda pembentukan panitia Pilkades, Rabu (11/7) di Balaidesa Kendaldoyong.

Rapat tersebut dihadiri oleh Sekretaris Camat Petarukan, Kasi Pemerintahan, perwakilan Polsek Petarukan, Danramil, dan segenap lapisan serta tokoh masyarakat setempat.

Rapat diawali dengan sambutan RM Slamet Agus Purnomo SH selaku sekretaris camat, dilanjutkan dengan pembentukan panitia Pilkades serta pengambilan sumpah panitia Pilkades, dan yang terakhir rapat internal panitia Pilkades.

RM Slamet Agus Purnomo SH dalam kesempatan itu mensosialisasikan kepada warga yang hadir, bahwa pilkades kali ini menggunakan sistem E-Voting, dimana sistem ini akan dapat mempermudah dalam proses pelaksanaannya. Ia juga menekankan tugas dan tanggung jawab BPD maupun panitia Pilkades.

Rapat pemilihan panitia Pilkades Desa Kendaldoyong ini diikuti oleh perwakilan seluruh dusun/foto: yusmiladi
"Panitia Pilkades dibentuk oleh BPD yang kemudian harus bertanggung jawab kepada BPD, panitia Pilkades merupakan perwakilan dari seluruh dusun yang ada di desa yang nantinya di SK oleh BPD yang terdiri dari 10 orang. Diantaranya 1 orang ketua, 1 orang wakil ketua, 1 orang sekretaris, 1 orang bendahara, dan 6 seksi . Panitia harus bersikap netral tidak boleh mendukung salah satu bakal calon, mengerti administrasi dan cermat serta teliti,” ungkapnya.

Dalam rapat yang dimulai pukul 20.00-22.00 WIB, telah terbentuk susunan panitia Pilkades Desa Kendaldoyong Tahun 2018. Yakni, Ketua; Dullah Karim Spd, Wakil Ketua; Drs Rojiun, Sekretaris; Heri Budiyono dan Bendahara; Hartono.

Setelah panitia terbentuk, seluruh panitia Pilkades dan Tim Pengawas Pilkades diambil sumpah dihadapan peserta rapat. Setelah rapat pembentukan panitia Pilakdes ditutup, panitia Pilkades melanjutkan dengan rapat internal panitia Pilkades.

Rukyat, salah satu warga yang hadir dalam rapat tersebut berharap nantinya seluruh panitia dan timwas pilkades dapat menjalankan amanat dari warga Desa Kendaldoyong. Hal itu menurutnya, agar Pilkades berjalan dengan lancar dan dapat menjaga netralitas dalam kapasitasnya sebagai panitia. (yusmiladi)
Share this post :
 
| |
Copyright © 2016. ranahpesisir - All Rights Reserved
Admin by redaksi
Proudly presetnt by ranahpesisir.com