Selamat Datang!

Danlanal Tegal Beri Wasbang Mahasiswa Baru UPS

Komandan Lanal TNI AL (Danlanal) Tegal Letkol (P) Agus Haryanto SE M Tr Hanla saat memberikan edukasi Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara kepada mahasiswa baru Universitas Pancasakti (UPS) dalam kegiatan ospek di kampus UPS/foto: amin wb.
TEGAL- Wawasan kebangsaan (Wasbang) merupakan hal yang sangat mendasar bagi bangsa Indonesia. Mengingat konsep kebangsaan telah dijadikan dasar negara, dan ideologi nasional yang terumus dalam Pancasila sebagaimana terdapat dalam Alinea IV Pembukaan UUD 1945.

Hal itu disamaikan Komandan Pangkalan TNI AL (Lanal) Tegal, Letkol Laut (P) Agus Haryanto SE MTr Hanla saat memberikan edukasi Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara kepada mahasiswa baru Universitas Pancasakti (UPS) Tegal dalam kegiatan ospek, di kampus UPS Jalan Halmahera Km 1, Senin (27/8).

Letkol Agus mengemukakan, konsep wawasan kebangsaan Indonesia telah menjiwai semangat bangsa bahari, yang terimplementasikan menjadi wawasan nusantara. Wilayah laut Indonesia adalah bagian dari negara kepulauan yang diakui dunia.

"Negara Indonesia merupakan satu kesatuan dari semua aspek, dalam mewujudkan tujuan nasional yang mencakup aspek kesatuan politik, kesatuan sosial budaya, kesatuan ekonomi serta kesatuan pertahanan dan keamanan," tegasnya.

Ditambahkan, derasnya pengaruh globalisasi, bukan mustahil akan memporak porandakan adat budaya yang menjadi jati diri suatu bangsa, dan melemahkan rasa nasionalisme seperti diera mileneal saat ini.

"Kalian sebagai calon penerus generasi bangsa harus dapat menjaga rasa nasionalisme, dan kebangsaan dengan mempedomani nilai-nilai luhur Pancasila dan Bhineka Tunggal Ika," pungkasnya.(didik)



Share this post :

Berita Populer

Statistik

 
| |
Copyright © 2016. ranahpesisir - All Rights Reserved
Admin by redaksi
Proudly presetnt by ranahpesisir.com