Selamat Datang!

Desa Jatilawang Wujudkan Pembangunan Berkelanjutan

Balai Desa Jatilawang Kecamatan Kramat Kabupaten Tegal/foto: tri sutrisno
SLAWI- Paradigma pembangunan kini terus berorientasi pada pemberdayaan masyarakat dan desa. Segenap program pembangunan menjadikan desa sebagai sasaran sekaligus aktor pembangunan di dalamnya. Desa dan masyarakatnya mendapat tempat terhormat sebagai pemilik program pembangunan desa. Sehingga tidak hanya maju dari sisi pembangunan fisiknya saja, tapi juga pembangunan manusiannya, baik secara perilaku maupun mental hidup bermasyarakat.

Desa Jatilawang Kecamatan Kramat, Kabupaten Tegal Jawa Tengah adalah salah satunya. Dengan jumlah penduduk sekira 5.297 jiwa dan terbagi dalam 5 RW dan 16 RT, serta memiliki hak pilih sekitar 4.000 orang terus berbenah agar lebih maju dan sejahtera masyarakatnya.

Solicha selaku Kades melalui Sekdes, Darono didampingi Bagian Perencanaan Tri Sutrisno mengungkapkan, pihaknya akan terus meningkatkan pembangunan melalui gerakan bersama membangun kemandirian dan pembangunan berkelanjutan secara bijaksana.

"Semangat membangun desa dari masyarakat cukup tinggi. Masyarakat mengerti, walaupun desanya jauh dari pusat pemerintahan, tapi tidak membuat mereka enggan bersama-sama dengan kami yang ada di pemerintahan desa untuk terus bersemangat meningkatkan pembangunan," terang dia kepada ranahpesisir.com diruang kerjanya, Selasa (21/8).

Pembangunan drainase diwilayah RT 01 RW 02 Desa Jatilawang Kecamatan Kramat Kabupaten Tegal/foto: didik
Diantara peningkatan sarana dan prasarana atau infrastruktur itu, yakni pembangunan drainase yang berlokasi di wilayah RT 01 RW 02 dengan volume 48 meter yang bersumber dari Dana Desa (DD). Dengan nilai anggaran Rp 27.000.000 pekerjaan tersebut dilaksanakan oleh TPK Desa Jatilawang. Selain itu juga pengerjaan rabat beton tahap I.

"Rencananya untuk tahap II akan melanjutkan pembangunan drainase dan rabat beton di wilayah RW 04," imbuhnya.

Dia menambahkan, bahwa kades bersama perangkat atau pamong desa akan terus bekerja keras, menyelenggarakan pemerintahan ditingkat desa dengan sebaik-baiknya dan penuh tanggung jawab demi kemajuan serta kesejahteraan masyarakat Desa Jatilawang. (didik)
Share this post :
 
| |
Copyright © 2016. ranahpesisir - All Rights Reserved
Admin by redaksi
Proudly presetnt by ranahpesisir.com