Selamat Datang!

Masalah Kesehatan Tidak Hanya Tanggungjawab Puskesmas

Musyawarah Masyarakat Desa (MMD) diikuti perwakilan berbagai unsur digelar diruang PKK Desa Klareyan/foto: yus miladi
PEMALANG- Musyawarah Masyarakat Desa (MMD) adalah pertemuan perwakilan warga desa beserta tokoh masyarakatnya, dan para petugas untuk membahas hasil Survei Mawas Diri (SMD) serta merencanakan penanggulangan masalah kesehatan yang diperoleh dari hasil survei mawas diri.

Dr Wendy selaku Kepala Puskesmas Klareyan Kecamatan Petarukan Kabupaten Pemalang saat menghadiri Musyawarah Masyarakat Desa diruang PKK Desa Klareyan, Kamis (16/8) mengemukakan, bahwa kegiatan ini bertujuan agar masyarakat mengenal masalah kesehatan di wilayahnya, serta bersepakat untuk menanggulangi masalah kesehatan melalui pelaksanaan Desa Siaga dan Poskesdes.

"Selain itu, masyarakat menyusun rencana kerja untuk menanggulangi masalah kesehatan, serta melaksanakan Desa Siaga dan Poskesdes," terang Wendy dihadapan sekitar 30 orang perwakilan dari berbagai unsur masyarakat desa.

Dia mengungkapkan, seluruh peserta nampak sangat antusias dalam diskusi kelompok, untuk mengidentifikasi masalah serta menetapkan prioritas masalah. Selanjutnya, perwakilan warga desa, kader serta tokoh masyarakat ini secara bersama-sama menggali dan memecahkan masalah kesehatan yang ada di wilayah Desa Klareyan, sehingga muncul berbagai usulan rencana kegiatan untuk tahun 2019.

"Permasalahan yang diangkat di MMD kali ini meliputi jambanisasi, TBC, AIDS, kehamilan yang belum diperiksakan, dan kejiwaan," kata dia lebih lanjut.

Di akhir acara, pihak puskesmas dan Pemerintahan Desa Klareyan berharap, pendanaan untuk berbagai macam usulan kegiatan program kesehatan bisa bersinergi dengan perencana, sehingga masalah kesehatan tidak hanya menjadi tanggungjawab puskesmas. (yus miladi)
Share this post :
 
| |
Copyright © 2016. ranahpesisir - All Rights Reserved
Admin by redaksi
Proudly presetnt by ranahpesisir.com