Selamat Datang!

Tim Debat UPS Tegal Wakili Jateng ke Tingkat Nasional

Tim Debat Universitas Pancasakti Tegal ikuti Lomba Debat Berbahasa Inggris National University Debating Championship (NUDC) dan Lomba Debat Berbahasa Indonesia di kantor Kopertis VI Wilayah Jateng/foto: istimewa
SEMARANG- Universitas Pancasakti (UPS) Tegal mengikuti Lomba Debat Berbahasa Inggris National University Debating Championship (NUDC), dan Lomba Debat Berbahasa Indonesia. Lomba tersebut diadakan oleh Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, yang terkait  dengan kegiatan Kompetisi Debat Mahasiswa Indonesia (KDMI) tahun 2018, di kantor Kopertis VI Wilayah Jawa Tengah Jalan Pawiatan Luhur I No.1 Bendan Duwur, Gajahmungkur, Kota Semarang.

Kegiatan debat dilakukan dengan beberap tahapan, tahapan pertama adalah menyeleksi Tim Debat tingkat UPS Tegal yang akan mengikuti kegiatan NUDC tersebut. Tim Debat UPS Tegal diwakili oleh perwakilan mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Inggris atas nama Ayu Setyaningrum, M Ghulam Rabbani, dan Rita Prawitasari. Tahapan kedua adalah selekti tim debat terbaik untuk mewakii Jawa Tengah dalam Kompetisi Debat Mahasiswa Indonesia (KDMI) Tahun 2018 di tingkat nasional.

UPS Tegal patut berbangga dalam tahap seleksi kedua NUDC, karena UPS Tegal mendapat peringkat ke-8 dan berhak mewakili Jawa Tengah untuk mengikuti KDMI tingkat nasional. Kegiatan NUDC ini di ikuti oleh 32 perguruan tinggi negeri dan swasta di Jawa Tengah. Dari 32 peserta, kemudian diseleksi menjadi 9 Tim yang akan mewakili Jawa Tengah pada tingkat nasional.

Dalam gelaran tersebut, pada babak 16 besar Tim Debat UPS Tegal menduduki peringkat ke-14 dan berhak melaju ke babak berikutnya. Selanjutnya, Tim Debat UPS Tegal berada satu tim dan bersaing dengan empat tim dari universitas lainnya. Yakni, bertemu dengan tim debat dari Untidar, UKSW, dan STIE Putra Bangsa.

Pada tahap semifinal, Tim Debat UPS Tegal kembali bertemu dengan Tim Debat dari Untidar, Polines, dan Unnes. Tim yang masuk final dan semifinal, secara otomatis masuk 9 besar peserta yang mewakili Kopertis VI Jawa Tengah untuk berlaga di KDMI tahun 2018 di tingkat nasional pada tanggal 26-31 Agustus 2018.

Keberhasilan Tim Debat UPS Tegal merupakan hasil tempaan Noeris Meristiani, MPd selaku dosen pembimbing. Dengan tangan dinginnya, membuat Ayu Setyaningrum dan M Ghulam Robbani sebagai Debaters, dan Riza Prawitasari sebagai Adjudicator berjaya dalam kegiatan NUDC tersebut.

“Tim ini dipersiapkan kurang lebih selama empat bulan untuk mengikuti kegiatan ini, dari 10 kandidat mahasiswa, kemudian diseleksi sehingga mengerucut kepada 3 nama tersebut. Harapan tinggi tentu menjadi salah satu harapan yang harus diraih oleh Tim Debat UPS Tegal untuk meraih hasil yang maksimal di tingkat nasional, sehingga porsi latihan yang berat dan padat saya harap dapat membuat tim makin solid dan kompak,” ungkap Noeris.

Ketua Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Martono MPd secara terpisah, menyampaikan rasa bangganya kepada dosen pembimbing dan Tim Debat atas prestasi yang didapatkan. Tentu ini menjadi harapan bahwa tim-tim debat lainnya dapat mengikuti prestasi yang telah diukir ini. Sebelum mengikuti perlombaan ini, Tim Debat UPS Tegal melakukan pemanasan spearing dengan Tim Debat SMA Negeri 1 Brebes. Hal ini dikandung maksud agar tim benar-benar siap, sehingga persiapan yang dilakukan mendapatkan hasil yang maksimal.

“Pembinaan mahasiswa yang dilakukan oleh Prodi merupakan bentuk pembinaan prestasi, agar tim-tim debat yang dimiliki Prodi Bahasa Inggris memiliki kualitas dan kemampuan yang baik,” imbuh Martono.

Ditambahkan, pembinaan dilakukan dengan membentuk komunitas debat tingkat universitas, sehingga diharapkan akan menjadi bibit-bibit yang berkualitas untuk mengikuti perlombaan sejenis. Dengan prestasi mahasiswa ini harapannya dapat menjadi ajang promosi, dan mendongkrak eksistensi Prodi Pendidikan Bahasa Inggris. (didik)
Share this post :
 
| |
Copyright © 2016. ranahpesisir - All Rights Reserved
Admin by redaksi
Proudly presetnt by ranahpesisir.com