Selamat Datang!

LPPM UPS Tegal Gelar Sosialisasi Online Learning Berstandar Internasional

Acara sosialisasi online learning berstandar internasional yang digelar LPPM UPS Tegal diikuti perwakilan dari SMA/SMK sederajat di wilayah eks Karesidenan Pekalongan/foto: istimewa 
TEGAL- Universitas Pancasakti (UPS) Tegal melaksanakan sosialisasi pembelajaran daring (Online learning) berstrandar internasional, di Aula Yayasan Pendidikan Pancasakti (YPP) UPS Tegal, Senin (3/9).

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) UPS Tegal sebagai penyelenggara kegiatan mengundang sekitar 80 kepala sekolah SMA/SMK sederajat di wilayah eks Karesidenan Pekalongan.

Dalam kegiatan tersebut ditawarkan kepada sekolah yang datang, untuk dapat menikmati pembelajaran daring berstandar internasional dengan cara melakukan pengesian kesediaan untuk menjadi mitra dalam kegiatan pembelajaran daring tersebut.

Dengan kegiatan ini diharapkan mutu pembelajaran pada siswa akan memiliki standar yang sesuai dengan kebutuhan internasional.

Dalam kesempatan tersebut selaku pemateri utama adalah Heru Widiatmo Ph D yang merupakan Senior Psychometrician, Reseach Technology, data, Science and Analytics, ACT, dari Amerika Serikat (USA). Dia merupakan peneliti senior dan fasilitator dalam pembelajaran daring. Selain Heru, turut sebagai pemateri adalah Dr Purwo Susongko MPd selaku Ketua LPPM UPS Tegal.

Heru dalam pemaparannya menyatakan, bahwa mutu pendidikan di Indonesia sudah tertinggal 128 tahun seperti yang dirilis oleh lembaga PISA. Hal inilah yang menjadikan pembelajaran berbasis daring merupakan salah satu cara untuk mengejar ketertinggalan dengan negara lain.

"Maind set pembelajaran daring saat ini masih menganggap, bahwa kepentingan pembelajaran tersebut masih berkaitan dengan perolehan sertifikat yang didapatkan dalam pembelajaran," terang Heru.

Padahal, lanjut Heru, pembelajaran daring bukan sekadar sertifikat saja, namun perbaikan kualitas pembelajaran di Indonesia. Hal inilah yang menjadikan pembelajaran daring berstandar internasional merupakan kebutuhan dalam pembelajaran.

Rektor UPS Tegal, Dr Burhan Eko Purwanto MHum yang membuka acaraa menyampaikan, bahwa pembelajaran daring sudah digaungkan oleh pemerintah tahun 2014, dan ini merupakan kegiatan positif untuk peningkatan kualitas pembelajaran di Indonesia.

Menurutnya, dengan adanya era industri 4.0, maka pendidikan di Indonesia di tuntut untuk melakukan kegiatan literasi. Sehingga dengan demikian, pembelajaran berbasis daring memang menjadi kebutuhan dalam peningkatan kualitas pembelajaran.

Ditambahkan, melalui kegiatan ini diharapkan selain mendongkrak nilai jual UPS Tegal di masyarakat, juga dapat menjadi eksistensi UPS Tegal dalam peningkatan kualitas pembelajaran di Indonesia.

"Kegiatan ini merupakan awal, dalam peningkatan kerja sama UPS Tegal dalam bidang akademik dengan institusi dalam dan luar negeri," pungkasnya. (didik)
Share this post :
 
| |
Copyright © 2016. ranahpesisir - All Rights Reserved
Admin by redaksi
Proudly presetnt by ranahpesisir.com