Selamat Datang!

Umi Azizah: Suksesnya Pengadaan Tanah Perlu Dukungan Pemerintah

Plt Bupati Tegal Umi Azizah saat menghadiri peringatan Hantaru ke-58 di halaman Kantor Pertanahan Kabupaten Tegal/foto: istimewa
SLAWI- Pembangunan Infrastruktur adalah persyarat untuk peningkatan produktivitas, dan daya saing nasional serta berkembangnya investi. Salah satu kegiatan penting terkait dengan pembangunan infrastruktur tersebut adalah pelaksanaan pengadaan tanah. Undang-undang dan peraturan yang ada telah memungkinkan pengadaan tanah yang cepat dan pasti.

Demikian disampaikan Plt Bupati Tegal, Umi Azizah saat menjadi inspektur upacara dalam peringatan Hari Agraria dan Tata Ruang Nasional (Hantaru) ke-58, dengan tema "Tanah dan Ruang untuk Keadilan dan Kemakmuran" di halaman Kantor Pertanahan Kabupaten Tegal, Senin (24/9).

Dalam kesempatan itu, Umi membacakan amanat Menteri Agraria dan Tata Ruang, Sofyan A Jalil. Disebutkan bahwa tanah dan ruang mengandung makna sebagai satu kesatuan utuh. Dapat memberikan keadilan dan kemakmuran dalam penggunaan, pemanfaatan, pemilikan untuk seluruh masyarakat, pelaku usaha maupun negara.

Disampaikan pula, Legalisasi Aset melalui Pendaftaran Tanah Sistimatis Lengkap (PTSL) diperlukan optimalisasi penggunaan teknologi terkini. Hal itu sejalan dengan modernisasi pelayanan di Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional ( Kementerian ATR/BPN).

Terkait suksesnya pengadaan tanah, ditegaskan Umi, perlu dukungan Pemerintah Provinsi, Pemerintah Kabupaten/Kota dan instansi lainnya.

Sementara, dalam rangka mengurangi ketimpangan struktur penguasaan, pemilikan, penggunaan tanah, pemberdayaan masyarakat dalam pemanfaatan aset tanah dan penguatan hak masyarakat atas tanah hutan adat, Pemerintah telah mencanangkan Program Reforma Agraria.

"Program tersebut diharapkan dapat diselesaikan pada tahun 2019, sehingga diperlukan upaya serius dan bersungguh-sungguh dari kita bersama untuk merampungkannya," pungkasnya.

Turut hadir, Sekretaris Daerah Kabupaten Tegal Widodo Joko Mulyono, Kapolres Tegal AKBP Dwi Agus Prianto, serta Danramil 14/Slawi Asep Koswara, dan tamu undangan. (dik)

Share this post :
 
| |
Copyright © 2016. ranahpesisir - All Rights Reserved
Admin by redaksi
Proudly presetnt by ranahpesisir.com