Selamat Datang!

Jelang Pilkades, KST Diminta Netral Menjalankan Fungsi Pengawasan

Plt Bupati Tegal Umi Azizah kukuhkan Kader SiagaTrantib (KST)/foto: istimewa

SLAWI- Peran Kader Siaga Trantib (KST) sangat diperlukan di tengah era transformasi sosial masyarakat yang tidak saja bergantung pada penggunaan perangkat teknologi informasi dan komunikasi. Tetapi juga kepentingan politik dan ekonomi yang semakin menguat, yang tidak jarang memaksakan kehendaknya untuk melanggar aturan, norma dan etika.

“KST adalah komponen warga peduli yang telah meluangkan waktu tenaga dan pemikirannya untuk ikut serta menciptakan ketentraman dan ketertiban di lingkungan masyarakatnya,” kata Plt Bupati Tegal Umi Azizah saat menghadiri acara pembentukan dan pengukuhan Kader Siaga Trantib (KST) Kabupaten Tegal, di Ruang Rapat Gedung C Setda, Rabu (10/10).

Dikemukakan Umi, Satpol PP dapat mendorong peningkatan kapasitas KST dalam memberikan pemahaman tentang jenis dan contoh-contoh pelanggaran Peraturan Daerah Kabupaten Tegal Nomor 7 Tahun 2011 tentang Ketertiban Umum.

Menjelang pelaksanaan Pilkades Serentak 2018, Umi berpesan kepada KST untuk netral dalam menjalankan fungsi pengawasannya. Menurutnya, meski baru digelar tahun depan, namun suasana kompetisinya sudah bisa dirasakan.

“Hal yang patut diantisipasi adalah hoaks atau berita bohong yang bisa menggerakkan individu atau kelompok masyarakat. Seperti berbuat anarkis, merusak fasilitas publik, menebar ancaman yang menimbulkan keresahan warga, dan ketidaknyamanan di lingkungan,” tegasnya. (yekti)

Share this post :
 
| |
Copyright © 2016. ranahpesisir - All Rights Reserved
Admin by redaksi
Proudly presetnt by ranahpesisir.com