Selamat Datang!

Ponpes Ta'alamul Huda Salem Juara Sepakbola Api

Sepakbola api memperingati Hari Santri Nasional (HSN) digelar di Alun Alun Brebes/foto: wasdiun
BREBES- Tim pondok pesantren Ta’alamul Huda Salem, Kabupaten Brebes berhasil menjadi juara umum liga sepakbola api memperingati Hari Santri Nasional (HSN) 2018 tingkat Kabupaten Brebes. Juara umum setelah dua Tim sepak bola Ta’alamul Huda 2 berhasil menjadi juara 1 dan Ta’alamul Huda 1 meraih juara 3 sedangkan juara 2 diraih Putra Pulosari, Brebes. Pertandingan tradisi santri tersebut, digelar di Alun Alun Brebes, Sabtu (20/10) malam.

“Kami ingin menghidupkan kembali tradisi santri berupa sepakbola api,” tutur Ketua Panitia Ahmad Makmun disela pertandingan.

Semangat menendang bola api, lanjut makmun, memerlukan keahlian tertentu dan tidak semua bisa melakukan. Dengan keberanian bermain bola api, menunjukan pula kepada penjajah Belanda kala itu, kalau santri juga sakti.

Sebanyak 18 tim bermain dalam pertandingan yang merebut hati penonton. Ribuan penonton memadati lapangan Alun-Alun Brebes. Bahkan antar ponpes juga membawa alat musik drum dan bersholawat untuk memberikan semangat kepada timnya yang tengah bertanding.
Bola yang dimainkan menggunakan kelapa tua tersebut, sebelumnya direndam minyak tanah selama beberapa hari. Saat pertandingan mau dimulai, kelapa tersebut dibakar hingga menyala-nyala.

“Bola ini tidak diperjualbelikan di toko-toko, tapi dibuat para santri,” tutur Makmun.

Suasana menjadi meriah, ketika bola keluar garis lapangan yang membuat penonton ketakutan. Meski demikian, tidak ada yang terbakar karena bola api tersebut secepatnya dihalau oleh pihak panitia maupun pemain yang secepatnya mengambil bola tersebut.

Dalam pertandingan tersebut, dimainkan oleh lima orang pemain, terdiri dari empat penyerang dan seorang penjaga gawang. Mereka wajib mengenakan sarung dalam durasi waktu 10 menit. (wasdiun)
Share this post :
 
| |
Copyright © 2016. ranahpesisir - All Rights Reserved
Admin by redaksi
Proudly presetnt by ranahpesisir.com