Selamat Datang!

Ganjar Bakal Terbitkan Buku Inovasi Desa

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat membuka Pelatihan Peningkatan Kapasitas Pendamping Desa/foto: puji
SEMARANG- Banyaknya terobosan yang lahir dari desa membuat Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo bertekad untuk mengumpulkan inovasi dari seluruh desa diwilayahnya dan dijadikan sebuah buku. Diapun menyiapkan sejumlah hadiah bagi lima inovator terbaik.

Hal tersebut disampaikan Ganjar Pranowo saat membuka Pelatihan Peningkatan Kapasitas Pendamping Desa 19-23 Nopember 2018 yang diikuti 1.380 pendamping desa, Senin (19/11) malam di Hall MG Setos.

Buku inovasi dari desa semacam itu, kata Ganjar memang sudah ada yang di inisiasi oleh Dirjen Anggaran. Namun penyusunan yang disampaikan Ganjar tersebut, yang akan berperan nantinya adalah para pendamping desa.

"Kita mau yang lebih original dan muncul dari para pendamping. Kalau mereka mengumpulkan seluruh inovasi yang ada disetiap desa, problem yang ditemukan dibahas mereka, lalu masing-masing ada solusi yang diberikan, ini akan menjadi pelajaran yang sangat baik untuk desa yang lain," terang Ganjar.

Dia lantas memberikan contoh solusi perekonomian yang dilakukan disalah satu desa di Sragen. Terdapat kampung yang mengelola bisnis dengan memberdayakan para TKW usai mereka pulang dari tanah rantau. Penghasilan mereka per bulan mencapai Rp 2,5 juta. Jika hal tersebut dituangkan dalam bentuk tulisan, enterpreneur ditingkat desa bisa dimunculkan ditempat lain. Termasuk membuat usaha di level desa seperti BUMDes.

"Kita harapkan best practicenya itu kita tularkan, dan kita perintahkan seluruh desa yang lain agar bisa. Misalnya soal perencanaan, perencanaan yang baik itu melibatkan partisipasi, maka model penyerapnya harus seperti ini. Maka itu akan bisa dijadikan standar yang berlaku disemua desa, termasuk sistim informasinya," lanjutnya.

Dengan pemikiran seperti itu, Ganjar yakin langkah para pendamping desa di Jateng bakal dijadikan percontohan nasional. Ganjar pun menyiapkan sejumlah hadiah bagi lima inovasi terbaik.

"Maka detailnya, saya ingin mereka bercerita satu lembar saja, nanti kita kumpulkan agar jadi buku, nanti kasih hadiah," pungkasnya (ibra/puji)
Share this post :

Berita Populer

Statistik

 
| |
Copyright © 2016. ranahpesisir - All Rights Reserved
Admin by redaksi
Proudly presetnt by ranahpesisir.com