Selamat Datang!

PWNU Jakarta Adakan Pengkaderan di JIC

PWNU Provinsi DKI Jakarta adakan kegiatan Madrasah Kader Nahdlatul Ulama (MKNU) di JIC dengan menghadirkan Ketua Umum PBNU KH Said Agil Siradj/foto: istimewa
JAKARTA- Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Provinsi DKI Jakarta mengadakan kegiatan Madrasah Kader Nahdlatul Ulama (MKNU), di Jakarta Islamic Centre (JIC) yang akan dilaksanakan dalam 25 angkatan dan terbagi dalam 5 gelombang.

Panitia MKNU Provinsi DKI Jakarta, Ulil Abshar menyampaikan, PWNU Jakarta akan menyelenggaran Madrasah Pengkaderan Nahdlatul Ulama (MKNU) yang diikuti oleh pengurus Majlis Wakil Cabang (MWCNU) tingkat kecamatan, dan pengurus Ranting tingkat kelurahan seluruh DKI Jakarta.

"Hal ini dilakukan untuk mencetak  kader yang tangguh, militan dan intelek dalam menjaga ajaran Ahlussunnah wal Jamaah, sekaligus juga menjadi bagian dari struktur organisasi NU," kata Ulil.

Tahun ini MKNU di DKI akan dilaksanakan sebanyak 5 gelombang. Setiap gelombang terdiri dari lima angkatan, setiap angkatan terdiri dari sepuluh kelurahan, setiap kelurahan mengirim 10 peserta. Gelombang pertama akan dilaksnakan mulai hari Jumat 11-13 Januari 2019. Setiap angkatan masa pendidikannya selama tiga hari. Dimulai hari Jumat, Sabtu, dan Minggu.

"Jakarta kota metropolis, di mana penduduknya berasal dari seluruh wilayah Indonesia. Pengamalan keislamannya juga bervariasi. Sebenarnya mereka dari daerah banyak warga NU, tapi sampai di Jakarta mereka tidak terwadahi karena pengurus di tingkat kelurahan masih lemah, makanya kami adakan MKNU sebagai wahana konsolidasi agar mereka ke pangkuan NU lagi," jelas Ulil.

Ditegaskan Ulil, bahwa kegiatan ini tidak ada kaitannya dengan politik praktis, walaupun pelaksanaannya di tahun politik. Kegiatan MKNU ini akan dihadiri Ketua PBNU KH Aqil Siraj dan Ketua PWNU DKI Saifullah, yang rencananya akan membuka acara ini Jumat malam (11/1/19).

Sedangkan, Kepala Divisi Infokom Badan Managemen JIC, Suryono Jahidi mengungkapkan, para peserta MKNU akan mendapat buku Seri MKNU yang diterbitkan PBNU sebagai acuan kurikulum pelatihan. Para peserta juga akan mendapat materi tentang KeNUan, Mukaddimah al Qonunil Asasy, khittah, sikap keagamaan NU, politik NU, relasi NU dan Ideologi, aswaja dan lainnya.

Sementara, Kepala Jakarta Islamic Centre, Ahmad Juhandi menyambut baik dan mendukung pelaksanaan MKNU yang diselenggarakan di JIC. Pihaknya mempersiapkan akomodasi yang tersedia di JIC dengan sebaik mungkin agar kegiatan ini bisa berjalan sukses.(*)
Share this post :
 
| |
Copyright © 2016. ranahpesisir - All Rights Reserved
Admin by redaksi
Proudly presetnt by ranahpesisir.com