Selamat Datang!

Kemen ESDM Beri Bantuan Sumur Bor kepada Desa Tlagasana

Warga Desa Tlagasana Kecamatan Watukumpul terima bantuan sumur bor air tanah dari Kementerian ESDM/foto: istimewa


PEMALANG-  Pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian ESDM bekerja sama dengan pemerintah daerah, dan didukung oleh Komisi VII DPR RI memiliki program yang pro rakyat terhadap kesejahteraan masyarakat, yakni pengentasan daerah sulit air bersih melalui pengeboran tanah.

Terkait hal itu, Kementerian ESDM melalui Kepala Sub Bidang Inventarisasi dan Konservasi Air Tanah, Pusat Air  Tanah dan Geologi Tata Lingkungan, Badan Geologi, Idham Effendi menyerahkan bantuan berupa 1 unit sumur bor air tanah untuk warga Desa Tlagasana, Kecamatan Watukumpul Kabupaten Pemalang, Kamis (21/2/2019).

Sumur bor tersebut memiliki kedalaman 71 meter, debit 31.0 liter/detik dengan konstruksi pipa besi galvanis diameter 6 inci, pasokan listrik dan genset dengan kapasitas 12 WA, menggunakan pompa selam (submersible) 3 PK dilengkapi dengan rumah genset, serta rumah pompa dan bak penampungan air berkapasitas 5000 liter. Sumur bor tersebut mampu melayani kebutuhan air bersih hingga 2700 jiwa penduduk.

Bupati Pemalang, Junaedi dalam kata sambutan yang dibacakan Asisten II Sekda Pemkab Pemalang Supa’at mengatakan, penyerahan sumur bor air tanah ini merupakan yang ketujuh sepanjang tahun 2018 dan 2019. Sebelumnya, bantuan diserahkan kepada Desa Belik Kecamatan Belik, Desa Wanarata Kecamatan Bantarbolang, Desa Tanahbaya Kecamatan Randudongkal, Desa Tumbal Kecamatan Comal, Desa Sokawangi Kecamatan Taman, dan Desa Warungpring Kecamatan Warungpring.

Junaedi berharap dengan diresmikannya sumur bor ini kebutuhan dasar masyarakat akan air bersih dapat terpenuhi, sehingga akan meningkatkan kesehatan lingkungan, dan berbagai kegiatan masyarakat yang membutuhkan air bersih dapat terlaksanan dengan baik.(*)

Share this post :
 
| |
Copyright © 2016. ranahpesisir - All Rights Reserved
Admin by redaksi
Proudly presetnt by ranahpesisir.com