Selamat Datang!

Di Desa Penggarit, Pemcam Taman Adakan Pelatihan Siskeudes

Kades Penggarit Kecamatam Taman, Imam Wibowo/foto: yusmiladi
                    Laporan: Yusmiladi
PEMALANG- Aplikasi Sistem Keuangan Desa (SISKEUDES) merupakan aplikasi yang dikembangkan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) dalam rangka meningkatkan kualitas tata kelola keuangan desa.

Fitur-fitur yang ada dalam Aplikasi Pengelolaan Keuangan Desa dibuat sederhana dan user friendly, sehingga memudahkan pengguna dalam mengoperasikan aplikasi SISKEUDES.

Dengan proses penginputan sekali sesuai dengan transaksi yang ada, dapat menghasilkan output berupa dokumen penatausahaan dan laporan-laporan yang sesuai dengan ketentuan perundang-undangan antara lain:
1. Dokumen Penatausahaan:
2. Bukti Penerimaan;
3. Surat Permintaan Pembayaran (SPP);
4. Surat Setoran Pajak (SSP);
5. Dan dokumen-dokumen lainnya
6. Laporan-laporan:
7. Laporan Penganggaran (Perdes APB Desa, RAB, APB Desa per sumber dana);
8. Laporan Penatausahaan (Buku Kas Umum, Buku Bank, Buku Pajak, Buku Pembantu, dan Register.

Pendamping Lokal Desa memberikan arahan terkait materi yang disampaikan/foto: yusmiladi
Selain itu pemerintah desa diharapkan untuk lebih mandiri dalam mengelola pemerintahan dan berbagai sumber daya alam yang dimiliki, termasuk di dalamnya pengelolaan keuangan dan kekayaan milik desa.

Begitu besar peran yang diterima oleh desa, tentunya disertai dengan tanggung jawab yang besar pula. Oleh karena itu pemerintah desa harus bisa menerapkan prinsip transparansi dan akuntabilitas dalam pengelolaan keuangan desa tersebut.

Pemerintahan desa tidak hanya melaksanakan pembangunan desa saja, melainkan harus didahului dari perencanaan yang sistematis sampai kepada pelaporan yang semuanya harus runtut.

Menyikapi hal tersebut, Pemerintahan Kecamatan Taman Kabupaten Pemalang dalam rangka peningkatan kapasitas mengadakan kegiatan pelatihan Siskeudes bagi para perangkat desanya, di Desa Penggarit, Senin, (11/3/19).

Kegiatan ini dilaksanakan secara bergiliran di setiap desa di seluruh Kecamatan Taman, dimana materi yang di ajarkan meliputi perencanaan, pembiayaan sampai kepada pelaporan. Kegiatan ini di ikuti oleh unsur perangkat desa (kaur perencanaan, kaur keuangan serta sekretaris desa).

Imam Wibowo, Kepala Desa Penggarit mengatakan, bahwa dengan kegiatan ini diharapkan kedepan semua perangkat desa agar dapat menggunakan aplikasi siskeudes tersebut dengan benar.

"Dengan sistem aplikasi ini diharapkan pembangunan di desa-desa di Kecamatan Taman dapat terencana dengan sistematis, sehingga nantinya pembangunan di Desa Penggarit dapat terkontrol dengan baik," ungkapnya.

Materi siskeudes ini disajikan oleh Dinpermasdes. Peserta tampak antusias mengikuti pelatihan ini, mereka dengan serius memperhatikan setiap materi yang diberikan. Kegiatan ini juga diikuti oleh Pendamping Desa, dan Pendamping Lokal Desa.(*)
Share this post :
 
| |
Copyright © 2016. ranahpesisir - All Rights Reserved
Admin by redaksi
Proudly presetnt by ranahpesisir.com