Selamat Datang!

Jelang Idul Fitri, Masjid JIC Berbenah

Sambut HarinRaya Idul Fitri 1440 H, beberapa bagian Masjid Jakarta Islamic Centre dibenahi/foto: istimewa
JAKARTA- Hari Raya Idul Fitri 1440 H tinggal beberapa hari lagi. Umat Islam menyambut kedatangannya dengan suka cita. Untuk menyambut kehadiran hari raya Idul Fitri tentunya memerlukan persiapan-persiapan.

Setiap muslim satu dengan lain berbeda dalam menyambut hari raya Idul Fitri. Begitu juga budaya nusantara satu daerah dengan daerah lain mempunyai caranya sendiri dalam menyambut Idul Fitri.

Ada orang menyambut Idul Fitri dengan membersihkan dan memperindah rumah dengan mencuci sofa, mengecat tembok rumah dan lainnya. Ada juga suatu komunitas di setiap depan rumah warga dipasang janur kuning dihiasi dengan lampu warna-warni agar hari raya tampak meriah.

Kepala Sekretariat Jakarta Islamic Centre, Ahmad Juhandi, Selasa (28/5/2019) mengatakan, Masjid Raya Jakarta Islamic Centre mempersiapkan Idul Fitri tahun ini dengan berbagai kegiatan. Untuk kegiatan ibadah seperti menggelar i'tikaf berjamaah sampai malam takbiran, mempersiapkan khotib dan imam sholat 'id.

"Secara fisik kita mencoba membersihkan kawasan komplek JIC agar menjadi indah dan menarik" ungkap Ahmad.

Ahmad juga menjelaskan agar keindahan ruang ibadah utama tetap bersinar, lampu-lampu yang ada di dalam masjid diperbaiki.

"Yang rusak diperbaiki. Yang mati kita ganti. Lumayan banyak lampu yang ada di ruang ibadah utama ini. Ada 12 kipas raksasa dengan ciri khas Betawi. 12 kipas ini menggambarkan jumlah bulan dalam setahun. Setiap kipas ada 42 lampu. Jadi jumlah lampu di kipas saja ada 504 buah. Belum lagi lampu Lidi ada 35 buah di setiap kotak dan jumlah kotaknya ada 4 tempat jadi jumlahnya 140 buah lampu," terangnya.

Ahmad menambahkan, Masjid Raya Jakarta Islamic Centre yang diartsiteki Ahmad Noe'man merupakan masjid tanpa tiang penyangga terbesar se Asia Tenggara dengan luas 2,2 ha. Masjid bekas lokalisasi ini didirikan era Gubernur DKI Jakarta Sutiyoso pada tahun 2001-2003 dengan luas kompleks seluruhnya 10.9 ha.

Kepala Sub Divisi Peribadatan Badan Managemen Jakarta Islamic Centre, Aep Saifulah menambahkan, biasanya setiap Idul Fitri masjid penuh dengan jamaah untuk mengikuti sholat 'Id, bahkan sampai membludak ke halaman masjid. Diperkirakan jumlah jamaah sampai 25.000 orang.

"Untuk itu kami mengantisipasinya dengan memperhatikan kebersihan, kerapian, keamanan, ketersedian air, kualitas khotib dan Imam. Silakan datang dan hadirilah sholat Idul Fitri di Masjid Raya Jakarta Islamic Centre," pungkas Aep.(*)

Share this post :
 
| |
Copyright © 2016. ranahpesisir - All Rights Reserved
Admin by redaksi
Proudly presetnt by ranahpesisir.com