Selamat Datang!

Dewi Aryani: Memangkas Ego Sektoral Sebaiknya Doni Monardo Diberi Kewenangan Penuh

Dewi Aryani, anggota Komisi IX DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan/foto: istimewa
JAKARTA (ranahpesisir.com)- Melihat situasi terkait Covid 19  yang berkembang makin tidak terkendali, Dewi Aryani Anggota Komisi IX DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan meminta pemerintah mempertimbangkan memberikan kewenangan penuh kepada Ketua Gugus Tugas Covid 19 Nasional, Doni Monardo untuk menangani wabah Covid 19 diseluruh tanah air.

"Saat ini perlu langkah cepat untuk menyelamatkan rakyat. Penekanan saat ini yang bisa di lakukan adalah memutus rantai penyebaran di semua wilayah, terutama daerah daerah jangan sampai terlambat seperti yang di alami Jakarta saat ini," tegas DeAr sapaan akrabnya, Sabtu (28/3/2020).

Jakarta segera berlakukan karantina wilayah meluas untuk menghentikan arus warga Jakarta ke daerah-daerah, dan menghentikan sementara arus orang daerah masuk Jakarta selain urusan logistik sembako serta kegiatan emergency lainnya.

"Selain itu sangat penting untuk meningkatkan percepatan sistem atau prosedur kesehatan dengan mengusahakan tes yang cepat, masif, akurat dorong ke GeneExpert yang saat ini alatnya sudah ratusan jumlahnya, tinggal mengganti catridge dari TBC ke Covid sebelum dilanjutkan ke clustering," lanjutnya.

Langkah cepat lain adalah segerakan perbanyak ICU, Ruang Isolasi dan Ventilatornya, perbanyak rumah sakit, termasuk rumah sakit swasta yang ada di semua daerah.

“Alur untuk memutus penyebaran kan diantaranya adalah tracing (pendeteksian), clustering (pengelompokan) dan containing (karantina) di wilayah-wilayah berdasar data proses tersebut. Baru di berlakukan karantina wilayah terbatas di titik-titik atau cluster-cluster yang telah di tentukan," jelasnya.

Semua kepala daerah sedang menunggu aturan yang tepat dari pusat, bahkan soal penggunaan relokasi anggaran supaya dikemudian hari pasca bencana mereka tidak dianggap menyalahi aturan oleh BPK dan BPKP, karena dengan pedoman yang berbeda beda saat ini.

“Ketua Gugus Tugas Covid 19 Nasional harus diberi kewenangan penuh karena keluhan beliau pada saat rapat virtual dengan Komisi IX pada tanggal 23 Maret lalu adalah adanya ego sektoral di lintas kementrian. Ini akan makin menyulitkan beliau dalam menentukan langkah dan antisipasi lebih maksimal," terangnya.

Berikan kewenangan penuh untuk mengorganisir sekaligus membuat keputusan.

"Saya yakin presiden sudah menunjuk orang yang tepat, dan saya yakin pak Doni pasti bisa," tandasnya.

Ditambahkan, semua daerah tengah menanti langkah gerak cepat, termasuk mempermudah pengadaan barang APD dan sebagainnya untuk memberi kepastian keselamatan bagi semua tenaga medis.

"Sudah banyak korban dari segala lapisan masyarakat termasuk anggota DPR dan tenaga medis," pungkas.(*)
Share this post :

RANAH NEWS

Berita Populer

Statistik

 
| |
Copyright © 2016. ranahpesisir - All Rights Reserved
Admin by redaksi
Proudly presetnt by ranahpesisir.com