Selamat Datang!

RSUD Kardinah Kota Tegal Launching Katetetisasi Jantung

Walikota Tegal H Dedy Yon Supriyono dan Plt Direktur RSUD Kardinah dr Herry Susanto SpA/foto: helos
TEGAL (ranahpesisir.com)- RSUD Kardinah Kota Tegal gelar kegiatan Launching layanan Kateterisasi Jantung (CATHLAB) sekaligus penyerahan sertifikat Rumah Sakit Pendidikan untuk meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat, di Ruang Pertemuan Gedung PPM lantai 2 RSUD setempat, Rabu (11/3/2020).

RSUD Kardinah saat ini sudah menjadi rumah sakit rujukan pelayanan kateterisasi jantung untuk wilayah Kabupaten Brebes dan Kabupaten Tegal.

Dengan ditambahnya fasilitas pelayanan kesehatan melalui Cathlab (Kateterisasi Jantung dan Angiografi Laboratorium) menjadi inovasi meningkatkan kelengkapan fasilitas dan sarana prasarana layanan kesehatan yang dimiliki oleh RSUD Kardinah.

Walikota Tegal Dedy Yon Supriyono saat melaunching dalam sambutannya menyampaikan apresiasi terhadap tambahan layanan baru RSUD. Kardinah.

“Saya mengapresiasi layanan baru ini sebagai upaya meningkatkan mutu pelayanan kepada masyarakat. Cathlab akan sangat berguna untuk pasien dengan gangguan kardio vaskuler termasuk penyakit jantung koroner,” tutur Dedy.

Dedy berharap kedepan RSUD Kardinah, selain menjadi Rumah Sakit Pendidikan juga terus meningkatkan kualitas layanannya.

“Saya harapkan RSUD Kardinah menjadi rumah sakit pendidikan, dan kualitas SDM di RSUD Kardinah terus ditingkatkan, begitu pula layanannya dan nantinya saya harapkan juga dapat menjadi rumah sakit yang sering menjadi tujuan untuk studi banding," terang Dedy.

Selain itu dengan jejaring yang luas, RSUD Kardinah dapat lebih visioner, memiliki bekal sebagai wahana praktek yang bermutu dan legal sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Sementara, Pelaksana Tugas (Plt) Direktur RSUD Kardinah dr Herry Susanto Sp A menyampaikan, sebetulnya RSUD Kardinah sudah memiliki alat untuk pelayanan kateterisasi jantung ini dari bulan November 2019, namun hanya untuk melayani pasien umum, sedangkan saat ini pihaknya sudah bekerjasama dengan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan, sehingga saat ini pelayanan kateterisasi jantung sudah bisa menerima pasien dari BPJS.

Herry Susanto mengungkapkan, tersedianya fasilitas Cathlab merupakan realisasi dari SK Penetapan Standar Pelayanan RSUD Kardinah. Sebab, SK yang mengatur 19 standar pelayanan tersebut salah satunya kateterisasi jantung dan sudah mulai dioperasikan sejak awal 2019.

Ia menyampaikan, semenjak beroperasi layanan tersebut dari November 2019 sampai dengan saat ini sudah melayani sepuluh pasien umum atau non BPJS, sedangkan untuk peserta BPJS terhitung dari 1 Januari 2020 sampai sekarang sudah ada empat puluh pasien yang melakukan keteterisasi jantung.

Pelayanan yang dapat dilayani meliputi, penanganan diagnosa dengan metode Coronary Angiography, termasuk pemasangan ring.

Penanggung Jawab Cathlab, dr Arbi Lizarda SpJP menambahkan, fokus utama pelayanan Cathlab di RSUD Kardinah bertujuan mempercepat penyelamatan nyawa pasien yang mengalami serangan jantung. Sebab, dengan jarak yang mudah diakses harapannya mampu menekan angka kematian akibat penyakit jantung koroner di wilayah Kota Tegal dan sekitarnya.(*)
Share this post :

RANAH NEWS

Berita Populer

Statistik

 
| |
Copyright © 2016. ranahpesisir - All Rights Reserved
Admin by redaksi
Proudly presetnt by ranahpesisir.com