Selamat Datang!

Jogo Tonggo, Warga di Kendal Gotong Royong Bersedekah Tangani Covid-19

JOGO TONGGO- Warga Desa Pagerdawung Kecamatan Ringinarum Kabupaten Kendal bergotong royong bersedekah untuk warga yang terdampak pandemi Covid-19/foto: istimewa
KENDAL (ranahpesisir.com)- Warga masyarakat di Kabupaten Kendal menjalankan program Jogo Tonggo yang digagas oleh Gubernur Jawa Tengah H Ganjar Pranowo. Salah satunya dilakukan oleh warga Desa Pagerdawung, Kecamatan Ringinarum dengan bergotong royong bersedekah seikhlasnya untuk masyarakat yang berdampak wabah virus Covid-19, Rabu (27/5/2020) kemarin.

Perlu kita ketahui bahwa program Jogo Tonggo ditengah pandemi virus corona merupakan program yang dibuat untuk saling menjaga antar tetangga, apabila ada salah satu warga di daerahnya mengalami kesulitan ekonomi kemudian tidak mendapatkan bantuan, untuk segera melapor ke RT/RW dan perangkat desa setempat.

Maka dari itu, Pemerintah Desa Pagerdawung bersama warga merespon baik program tersebut dengan cara melakukan sedekah yang diberi tag line "Boleh Taruh Sedekahmu, Boleh Ambil Sedekah ini" yang artinya, mereka warga yang merasa mampu berbagi bisa menaruh sedekahnya di suatu tempat yang sudah disediakan, dan mereka warga yang merasa tidak mampu juga mengambilnya di tempat tersebut.

Istianah warga RT 04 RW 01 Desa Pagerdawung, adalah salah satu warga yang ikut berpartisipasi untuk menjaga tetangganya. Ia mengaku memberikan bahan kebutuhan pokok karena peduli kepada warga yang tidak mampu akibat dampak Covid-19.

"Ini merupakan wujud kepedulian kepada para tetangga, akibat dampak Covid-19," ujarnya.

Istianah berharap, ditengah pandemi virus Covid-19, dengan adanya gotong royong saling berbagi ini bisa bermanfaat bagi warga yang membutuhkan.

Sementara itu, Ainah warga yang mengambil bantuan sembako mengaku sangat terbantu dengan adanya program ini. "Program ini sangat baik dan membantu saya yang saat ini memang kondisi ekonominya sedang lemah," ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Desa Pagerdawung, Wahyu Ariyanto menyampaikan kegiatan ini untuk merealisasikan program dari Gubernur Jateng yang ditindaklanjuti oleh Bupati Kendal dr Mirna Annisa MSi, kemudian diarahkan oleh Camat Ringinarum untuk percepatan penanganan dampak dari Covid-19.

"Program Jogo Tonggo ini kita sudah lakukan kurang lebih selama seminggu ini, rencana kita akan sediakan di setiap RW agar masyarakat yang hendak bersedekah tidak perlu jauh datang ke balai desa," terang Wahyu Arianto.

Adapun untuk tempat sedekah yang disediakan mampu menampung 30 paket sumbangan yang dapat digantungkan. (*)
Share this post :

Berita Populer

Statistik

 
| |
Copyright © 2016. ranahpesisir - All Rights Reserved
Admin by redaksi
Proudly presetnt by ranahpesisir.com