Selamat Datang!

Pemdes Kebandaran Sangat Perhatikan Ketahanan Pangan dan Fisik Masyarakat Selama Pandemi Covid-19

Desa Kebandaran Kecamatan Bodeh mayoritas warganya bergerak dibidang konveksi dan ditengah pandemi Covid-19 warga diberdayakan dengan membuat masker, seragam linmas, RT, RW dan rompi yang digunakan kades dan perangkatnya/foto: eriko garda demokrasi 
PEMALANG (ranahpesisir.com)- Seperti kita ketahui bahwa dampak pandemi Covid-19 di sektor ekonomi sangatlah terasa. Dimasa sulit itu, tentunya menjadi tanggung jawab Pemerintah dalam rangka menjaga ketahanan pangan masyarakat di wilayahnya.

Hal itu juga yang menjadi fokus utama Pemerintah Desa Kebandaran Kecamatan Bodeh Kabupaten Pemalang lewat program Padat Karya, hal tersebut disampaikan Kepala Desa (Kades) Kebandaran, Sumarto Cumul, Kamis (25/6/2020).

"Kondisi ketahanan pangan alhamdulilah kami menggunakan program padat karya pemberdayaan," ujar Sumarto.

Dikatakan Sumarto, dampak pandemi Covid-19 terhadap Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di Desa Kebandaran yang mayoritas bergerak dalam bidang pembuatan pakaian (konveksi) sangat terasa.

"Jadi untuk UKM Kebandaran yang 100% itu berbasic pada pekerjaan konveksi saat Covid-19 ini betul-betul terdampak, mereka total berhenti semua," ungkap Sumarto.

Lebih lanjut, Sumarto menjelaskan bahwa pemberdayaan itu dilaksanakan dengan pembuatan masker dan pakaian anggota Perlindungan Masyarakat (Linmas), RT/RW, serta rompi yang digunakan kepala desa beserta jajarannya.

"Kita berdayakan untuk membuat produksi rompi yang kita pakai, kemudian pakaian safari Linmas, pakaian RT/RW, kemudian pengadaan masker, itu produksi sini semua, jadi ada 5 konveksi yang kita berdayakan," jelas Sumarto.

Ia menambahkan, Pemdes Kebandaran juga memperhatikan ketahanan fisik dan kesehatan untuk menjaga imunitas tubuh masyarakatnya dengan memberikan 450 paket minuman herbal berbentuk jahe dan kunyit, serta membagikan vitamin C.

"Untuk ketahanan fisik dan kesehatan kita bagikan vitamin C, kita bekerja sama dengan Dinas Kesehatan melalui Puskesmas Kebandaran didampingi oleh tenaga medis yakni bidan desa," tambah Sumarto.

Atas inisiatif yang tinggi dalam penanganan Covid-19 itulah Desa Kebandaran ditunjuk oleh Musyawarah Pimpinan Kecamatan Bodeh untuk mengikuti lomba Kampung Tangguh Nusantara Candi yang diadakan Kepolisian Resor (Polres) Pemalang dalam rangka memperingati hari ulang tahun Bhayangkara ke-74.
(Eriko GD).
Share this post :

RANAH NEWS

Berita Populer

Statistik

 
| |
Copyright © 2016. ranahpesisir - All Rights Reserved
Admin by redaksi
Proudly presetnt by ranahpesisir.com