Selamat Datang!

Tuntut New Normal, Pekerja Seni Gerudug Pendopo Kabupaten Pemalang

ASPIRASI DKP- Pekerja seni yang tergabung dalam Dewan Kesenian Pemalang (DKP) beramai ramai datangi Pendopo Kabupaten Pemalang untuk mengaspirasikan sikap terkait new normal/, Kamis (11/6/2020)/foto: eriko garda demokrasi
PEMALANG (ranahpesisir.com)- Dibawah terik matahari, Rombongan Dewan Kesenian Pemalang (DKP) beramai-ramai mendatangi Pendopo Kabupaten Pemalang dengan membawa sound system yang diangkut dengan mobil Pick up. Beberapa dari mereka mengenakan pakaian adat serta berpenampilan serupa tokoh-tokoh pewayangan.

Dengan dipimpin Andy Rustono selaku Ketua DKP, rombongan yang terdiri dari para pelaku seni serta unsur-unsur yang berkaitan itu datang untuk mengaspirasikan sikapnya dengan tema "Aspirasiku, Aspirasimu, Aspirasi Kita" Kamis (11/6/2020).

Pernyataan sikap tersebut ditujukan Kepada Bupati, Kapolres, Dandim 0711, serta DPRD Pemalang. Dalam pernyataan sikapnya, DKP menyatakan sangat setuju dan mendukung penerapan New normal. Kemudian, dengan itu pula DKP meminta diberikan peluang dan ruang aktifitas berkesenian baik ruang luas maupun terbatas serta memberikan izin kegiatan dalam ruang lingkup aktifitas budaya dan adat istiadat.

Selain itu, DKP juga meminta alat-alat kesenian Pendopo dijadikan sebagai sarana berkesenian aktif dan terarah.

Merespon aksi tersebut, Bupati Pemalang H Junaedi yang juga selaku Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 bersama Ketua DPRD Pemalang Agus Sukoco terjun langsung ke tengah-tengah massa aksi dan naik ke atas Sound system yang diangkut mobil Pick up untuk memberikan penjelasan.

Dalam keterangannya, sambil menunjukan lembaran Peraturan Bupati (Perbup), Junaedi menerangkan kepada massa aksi bahwa Gugus tugas sudah mengamini tuntutan adaptasi kehidupan baru (New normal) dengan terbentuk dan tertanda tanganinya Perbup New normal.

"Berkaitan tuntutan yang tadi saudara-saudara bacakan untuk menuju adaptasi kehidupan baru (New normal) kami Gugus tugas Kabupaten Pemalang telah berkoordinasi dengan Ketua DPRD bahwa hari ini peraturan bupatinya sudah saya tanda tangani," ungkap Junaedi.

Bupati menjelaskan bahwa dalam New normal para pekerja seni diizinkan untuk mengimplementasikan karyanya dengan pemberlakuan protap kesehatan.

"Peraturan Bupatinya sudah saya tanda tangani, dan insya allah pelaksanaan kegiatan-kegiatan untuk recovery bagaimana saudara-saudara sekalian ini bisa berkarya serta berbuat untuk mengimplementasikan karya-karya seninya disana terwadahi dengan pemberlakuan protap kesehatan," terang Bupati.

Aksi tersebut kemudian dilanjut dengan pertunjukan sendratari, dan sekitar pukul 14.00 WIB massa aksi membubarkan diri.
(Eriko GD)
Share this post :

Berita Populer

Statistik

 
| |
Copyright © 2016. ranahpesisir - All Rights Reserved
Admin by redaksi
Proudly presetnt by ranahpesisir.com