Selamat Datang!

Terapkan Prokes, Warga Griya Tiara Sari 4 Kalisapu Slawi Sembelih 2 Sapi dan 8 Kambing

Panitia pelaksanaan hewan qurban bersama warga Griya Tiara Asri 4 Desa Kalisapu Kecamatan Slawi Kabupaten Tegal guyub bersama memotong, menimbang dan mengemas daging qurban yang akan dibagikan, Jumat (31/7/2020)/foto: istimewa
SLAWI (ranahpesisir.com)- Musholla An Nur di Komplek Griya Tiara Asri 4 Desa Kalisapu Kecamatan Slawi Kabupaten Tegal gelar Sholat Idul Adha 1441 Hijriyah dan penyembelihan hewan qurban, Jumat (31/7/2020).

Sholat Idul Adha di komplek perumahan tersebut dilaksanakan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan (Prokes) sesuai anjuran pemerintah.

Hal itu karena Idul Adha 1441 H tahun 2020 berlangsung ditengah pandemi Covid-19, dan masih melanda wilayah Kabupaten Tegal.

Prokes yang dilakukan mendasari Surat Edaran (SE) Kemenag Nomor 18 Tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Sholat Idul Adha dan Penyembelihan Hewan Qurban Tahun 1441 H/2020 M menuju Masyarakat Produktif dan Aman Covid-19.

Ketua Takmir Musholla An Nur, Sholakhudun SPd melalui SE tersebut menyampaikan kepada panitia sholat Idul Adha dan penyembelihan hewan kurban untuk mengikuti prokes melalui koordinasi bersama Pemerintah Desa Kalisapu, kecuali di tempat tempat yang belum aman dari penularan Covid-19.

"Penilaian soal keamanan dari Covid-19 itu berdasarkan keputusan Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 atau pemerintah daerah," kata Sholakhudin.

Ketua panitia pelaksana qurban, H Mahmud didampingi Sekretaris Gigih Adhi Kuncoro mengemukakan, pihaknya melakukan penyembelihan hewan qurban sebanyak 2 ekor sapi dan 8 ekor kambing yang dagingnya dibagikan kepada warga Griya Tiara Asri 4 Kalisapu Slawi dan masyarakat sekitar.

Gigih mengungkapkan, pembagian daging qurban tahun ini meningkat dibanding tahun sebelumnya, dari 0,75 kg per kantong plastik menjadi 1 kg.

"Alhamdulillah tahun ini meningkat, per kantong berisi 1 kg daging yang kami bagikan kepada warga. Mudah mudahan daging qurban ini bermanfaat bagi warga setempat dan sekitarnya," ungkap Gigih.

Pendistribusian daging qurban ini, lanjut Gigih tidak menggunakan kupon, namun sudah ada catatan dari panitia untuk penerima manfaat dari tahun lalu.

"Namun kalau ada kelebihan daging qurban, panitia tetap membagikannya kepada warga sebelah serta lingkungan sekitar," terang Gigih.

Idul Adha tahun ini memang berbeda dari tahun tahun sebelumnya, pasalnya dilaksanakan ditengah pandemi. Namun situasi itu sedikitpun tidak menyurutkan semangat panitia dan warga setempat.

Warga yang diantaranya terdiri dari ibu ibu tetap guyub dan kompak bahu membahu ikut menunaikan hajat dalam berqurban. Ada yang memotong, menimbang dan memasukan daging kedalam kantong plastik.

Proses penyembelihan hewan qurban tapat di hari Jumat ini dilakukan dengan cepat oleh panitia.

Sementara, salah satu keluarga yang berqurban, Tribowo SPd menyampaikan terima kasih kepada panitia yang telah melaksanakan kegiatan ini dengan lancar.

Tribowo berharap dengan tambahan pengembangan perumahan yang tadinya 35 kepala keluarga (KK) bertambah 18 KK nantinya banyak warga yang ikut berqurban.

"Semoga Idul Adha tahun depan semakin banyak warga yang ikut berqurban," pungkas Tribowo. (*)
Share this post :

RANAH NEWS

Berita Populer

Statistik

 
| |
Copyright © 2016. ranahpesisir - All Rights Reserved
Admin by redaksi
Proudly presetnt by ranahpesisir.com