Selamat Datang!

Kunjungi Pemalang, Mentan Berikan Bantuan Pengembangan Budidaya Lele

 

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo beserta rombongan saat menghadiri panen raya di Desa Petunjungan Kecamatan Petarukan Kabupaten Pemalang/foto: yusmiladi

PEMALANG (ranahpesisir.com)-  Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo mengunjungi lokasi budidaya lele sistem bioflok yang dikembangkan oleh Kelompok Tani Lele Mutiara Desa Kaligelang Kecamatan Taman Kabupaten Pemalang, Senin (7/11/2020).


Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, para Dirjen di Kementerian Pertanian serta Dirjen Perikanan dan Kelautan beserta para pejabat di Kabupaten Pemalang, ingin memastikan bahwa semua program dalam konsepsi dan implementasi KKP semuanya berjalan.


"Ini bisa menjadi percontohan bagi daerah lainnya," ujar Mentan.


Pada kesempatan itu, Menteri Pertanian menyerahkan bantuan berupa paket bioflok, pakan, benih, dan paket rehabilitasi saluran tambak udang padat karya dengan tital nilai Rp 2,3 miliar. 


Menteri Pertanian meminta pemerintah daerah bersama masyarakat untuk memajukan sektor pertanian, agar kebutuhan pangan masyarakat di daerah setempat lebih terjamin dan petani sejahtera.


Sudianto, Ketua Poktan Lele Mutiara menceritakan awal mula dia dan kelompoknya menggeluti budidaya lele sistem bioflok.


Bahwa sudah 3 tahun ini  menggeluti budidaya lele dengan cara biasa, namun belum mendapatkan hasil yang maksimal.



"Kemudian tahun 2015 Dinas Perikanan Kabupaten Pemalang membimbing kami untuk menerapkan program sistem bioflok ini," terangnya.


Dengan menggunakan sistem bioflok ini bisa menghemat pakan serta memudahkan dalam pemanenan.


"Bisa menghemat pakan sampai 30 persen, kita bisa tebar 3000 benih dalam satu bioflok ukuran 3 x 3 mtr," jelasnya.


Mantan Gubernur Sulsel itu mengaku optimistis, eksistensi pembangunan di bidang pertanian akan mendongkrak perekonomian negara.


Ia menilai, saat perekonomian berbagai negara mengalami penurunan akibat dampak Covid-19, namun tidak berlaku bagi sektor pertanian yang mampu eksis di tengah pandemi Covid-19.


"Optimalkan lahan yang ada, tetapi tentu tidak mudah seperti membalikan tangan. Namun begitu, Presiden Joko Widodo sangat mendorong pertanian dan beliau meminta kepala daerah berkonsentrasi mempersiapkan kebutuhan pangan daerah," kata Syahrul Yasin Limpo.


Rombongan kemudian melanjutkan kegiatannya menuju ke Desa Petanjungan Kecamatan Petarukan untuk menghadiri panen raya. (yus)

Share this post :

Berita Populer

Statistik

 
| |
Copyright © 2016. ranahpesisir - All Rights Reserved
Admin by redaksi
Proudly presetnt by ranahpesisir.com