Selamat Datang!

Dinpermasdes Pemalang Beri Pembekalan Calon Panitia Pilkades

Dinpermasdes Pemalang berikan pembekalan calon panitia Pilkades di Hotel Winner Premier, Kamis (2/8)/foto: yus miladi
PEMALANG- Pemilihan kepala desa (Pilkades) di Pemalang diatur dengan Perda No.1 Tahun 2015 sebagaimana telah diubah dengan Perda No.6 Tahun 2017.
Perda ini khusus mengatur mengenai kewenangan memproses sudah selaras dengan UU dan PP yang baru. Hanya saja dalam Perda No.1 Tahun 2015 dalam memproses Pilkades, selain membentuk Panitia Pilkades, BPD juga membentuk Tim Pengawas Pilkades.

Kabupaten Pemalang di tahun 2018 akan melaksanakan Pilkades serentak. Metode pemilihan kepala desa yang akan dilaksanakan, menggunakan metode baru berupa elektronik voting (e-voting).

Guna mempersiapkan hal tersebut, Pemerintah Kabupaten Pemalang melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (Dinpermasdes) memberikan pembekalan terhadap calon panitia pemilihan kepala desa, di Hotel Winner Premier, Kamis (2/8).

Kegiatan ini pandu sejumlah Kepala OPD Pengampu, serta diikuti masing-masing panitia pemilihan kepala desa dari desa yang akan melaksanakan Pilkades pada tahun 2018 ini. Kegiatan tersebut dilaksanakan secara bertahap.

Bagus Sutopo STP MAP selaku Kabid Pemerintahan Desa Dinpermasdes Kabupaten Pemalang memberikan materi pembekalan kepada para peserta yang hadir. Dikemukakan dia, Pilkades E-Voting sudah pernah dilaksanakan tahun sebelumnya dan berjalan dengan sukses.

Para peserta dengan seksama menyimak materi yang diberikan saat mengikuti pembekalan calon panitia Pilkades/foto: yus miladi
"Setelah pembekalan ini, diharapkan nantinya panitia pilkades dapat langsung menerapkan dalam setiap tahapan-tahapan Pilkades, sehingga Pilkades E-Voting serentak Tahun 2018 yang dilaksanakan di 172 Desa dapat berjalan dengan lancar dan sukses," harap Bagus.

Sementara itu, Heri Budiyono, salah satu peserta pembekalan dari Desa Kendaldoyong Kecamatan Petarukan mengatakan, pembekalan ini sangat bermanfaat bagi peserta.

"Dengan adanya pembekalan ini kita jadi lebih paham tentang Pilkades E-Voting, dan kami akan segera menerapkan hasil dari pembekalan ini di desa kami masing-masing," pungkasnya.
(yus miladi)
Share this post :

Berita Populer

 
| |
Copyright © 2016. ranahpesisir - All Rights Reserved
Admin by redaksi
Proudly presetnt by ranahpesisir.com