Selamat Datang!

Rumah Pintar Peternakan Dilaunching

Bupati Brebes Hj Idza Priyanti SE saat melaunching rumah pintar (rumpin) peternakan di Desa Buara Kecamatan Ketanggunggan/foto: wasdiun


BREBES- Guna meningkatkan pelayanan dalam usaha pemberdayaan masyarakat secara adil pada bidang peternakan, Rumah Pintar (rumpin) Peternakan dilaunching.

Hal itu seperti yang disampaikan Bupati Brebes H Idza Priyanti, SE saat melaunching rumpin peternakan di Desa Buara Kecamatan Ketanggungan, Jumat (26/5) kemarin. 

Menurut Idza, terobosan ini bisa dimanfaatkan masyarakat agar mampu beternak dengan baik, menghasilkan ternak yang mempunyai produksi serta produktifitas tinggi.

“Sub sektor peternakan bukan hanya sekedar penyedia konsumsi protein hewani asal ternak. Peternak hendaknya dapat memanfaatkan peluang ini dengan sebaik-baiknya,” harap Idza.

Idza berpesan agar kesehatan ternak peliharaan selalu dijaga dan tidak sungkan untuk berkonsultasi dengan para petugas peternakan di rumah pintar peternakan. Idza juga berjanji akan memantau terus aktivitas rumpin peternakan, sehingga target capaian bisa diketahui.

Sementara, Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Brebes, Yulia Hendrawati menambahkan,  rumah pintar menjadi sinergi aksi untuk peternakan. Sehingga capaian swasembada daging bisa terwujud.

“Peningkatan kesadaran gizi masyarakat menjadikan produksi dan konsumsi ternak tidak sebanding. Saat ini di Desa Buara ada 1800 Sapi Indukan. Kalau tidak ada peningkatan produktivitas, maka bisa jadi populasinya makin menurun,” ungkap Yulia.

Yulia menyebutkan, populasi ternak besar di Kabupaten Brebes menurun pada 2015 sekitar 3,98 persen, yaitu dari 36.638 ekor dan tahun 2016 tinggal 35.192 ekor. Awal triwulan 1 tahun 2017 menjadi 32.571 ekor

Yulia pun berharap rumah pintar peternakan bisa menjadi solusi peningkatan swasembada daging di Kabupaten Brebes.

Nampak hadir dalam kesempatan tersebut, Dandim 0713/Brebes Letkol Inf Ahmad Hadi Hariono, Kapolres Brebes AKBP Lutfi Setiawan, Kabid Sarpras Dinas Peternakan Provinsi Jawa Tengah Suyatno dan tamu undangan lainnya. (sigit/didik)
Share this post :

Berita Populer

 
| |
Copyright © 2016. ranahpesisir - All Rights Reserved
Admin by redaksi
Proudly presetnt by ranahpesisir.com