Selamat Datang!

Mahasiswa UPS Diterjunkan di 16 Kelurahan Kota Tegal

Rektor Universitas Pancasakti (UPS) Tegal Prof Dr Wahyono SH MS (dua dari kiri) bersama perwakilan dari Pemkot Tegal dan mahasiswa peserta KKN UPS tahun 2017/foto: doc istimewa


TEGAL- KKN adalah program intrakurikuler yang merupakan perwujudan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Tujuan utama KKN adalah untuk membina calon sarjana sebagai penerus pembangunan yang menghayati permasalahan yang dihadapi masyarakat.

Secara khusus tujuan KKN adalah:
a.       Meningkatkan empati dan kepedulian mahasiswa terhadap masyarakat
b.      Menghasilkan sarjana sebagai pelaksana aktif pembangunan daerah
c.       Mendekatkan UPS Tegal dengan masyarakat
d.      Membantu Pemerintah dalam mempercepat proses akselerasi pembangunan, khususnya pemberdayaan masyarakat.
e.       Mengembangkan kerjasama antar disiplin ilmu dan antar lembaga.

Tema KKN UPS Tegal Tahun 2017 di Kota Tegal yaitu : KKN Posdaya (Pos Pemberdayaan Keluarga) melanjutkan Program Mahasiswa KKN Tahun 2016, dengan suatu muatan tambahan yang mengarah kekhususan Posdaya Pancasakti (Daya Sakti).


Disamping menggarap empat pilar, diharapkan tiap kelompok mahasiswa dapat menghasilkan kegiatan unggulan yang berdampak luas bagi masyarakat, misalnya Teknologi Tepat Guna (TTG).

Pelaksanaan KKN Posdaya yang bertumpu pada empat pilar : pendidikan, kesehatan, ekonomi dan lingkungan, serta mengupayakan kesejahteraan keluarga, akan menumbuhkan empati dan kepedulian mahasiswa kepada masyarakat.

Dengan terjun langsung ke masyarakat, diharapkan memberikan pengalaman kepada mahasiswa, sehingga setelah lulus akan menjadi sarjana yang turut aktif dalam pembangunan daerah. Di samping itu, dengan KKN ini akan mendekatkan UPS Tegal dengan masyarakat.

Prof Dr Wahyono SH MS dalam sambutanya menyampaikan, KKN dilaksanakan oleh mahasiswa lintas program studi, sehingga dalam menyelesaikan masalah di lokasi KKN mereka berlatih mengembangkan kerjasama antar disiplin ilmu, dan juga kerjasama dengan lembaga-lembaga yang terkait.


KKN juga bertujuan membantu Pemerintah dalam mempercepat proses akselerasi pembangunan, khususnya pemberdayaan masyarakat.

Penerjunan KKN UPS diterima oleh Ir. Resti Drijo Prihanto selaku Sekretaris BP4D Kota Tegal, Senin (17/7). Dalam sambutan Walikota Tegal yang dibacakan, Resti  menyampaikan betapa pentingnya kerjasama antar lembaga yang terkait dengan pengabdian masyarakat.

“Dengan harapan program KKN akan memberikan pencerahan yang berkemajuan terhadap masyarakat Kota Tegal dengan sistem program Posdaya yang berkelanjutan,” harap Resti.

Adapun peserta KKN di Kota Tegal tahun ini sebanyak 205 orang mahasiswa, dengan dosen pembimbing sebanyak 8 orang, dan ditempatkan  di  Kecamatan Tegal Timur, Tegal Barat, Tegal Selatan dan Margadana sebanyak 16 kelurahan.

Selesai serah terima, dilanjutkan dengan penandatanganan nota kesepahaman antara Universitas Pancasakti Tegal dengan Pemerintah Kota Tegal tentang Pengabdian Masyarakat. (didik yuliyanto)


Share this post :

Berita Populer

 
| |
Copyright © 2016. ranahpesisir - All Rights Reserved
Admin by redaksi
Proudly presetnt by ranahpesisir.com