Selamat Datang!

Tingkatkan Program TPAKD, OJK Beraudensi dengan Plt Bupati Tegal

Plt Bupati Tegal Umi Azizah menerima kedatangan Kepala OJK Cabang Tegal beserta rombongan diruang kerjanya/foto: Humas Pemkab Tegal
SLAWI- Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Cabang Tegal Ludy Arlianto beserta rombongan mendatangi Plt Bupati Tegal Umi Azizah untuk beraudensi, diruang kerja Bupati, Kamis (12/7).

Audensi dilaksanakan dalam rangka meningkatkan koordinasi program Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD), guna mendorong pertumbuhan ekonomi dengan menciptakan peluang bisnis sektor ekonomi unggulan dan sinergi antara Industri Jasa Keuangan, Pemerintah Daerah dan Pelaku Usaha melalui peran OJK di daerah.

Upaya itu dilakukan demi meningkatkan industri keuangan masyarakat, khususnya Kabupaten Tegal. Otoritas Jasa Keuangan dalam hal ini mempunyai program TPAKD, salah satunya yaitu kredit melawan rentenir.

“Kredit melawan rentenir merupakan salah satu program OJK dalam meningkatkan inklusi keuangan kepada masyarakat yang digalakkan oleh TPAKD,” paparnya.

Untuk menjalankan program kredit melawan rentenir, Ludy menjelaskan OJK akan bekerjasama dengan BPR. Kerjasama tersebut untuk memberikan fasilitas mudah kepada masyarakat.

"Pihak OJK kini tengah melakukan pendekatan dengan BPR, selain banyak manfaat, kredit melawan rentenir ini prosesnya mudah dan cepat. Sangat bermanfaat bagi pelaku usaha mikro untuk membebaskan diri dari jeratan rentenir,” tegasnya.

Bila program ini berhasil, diharapkan praktik rentenir yang pada akhirnya menyengsarakan masyarakat karena beban bunga yang tinggi, akhirnya bisa dieliminasi. Selama ini, akibat kesulitan mengakses pinjaman perbankan, banyak usaha mikro yang akhirnya tidak bisa berkembang karena terjerat hutang rentenir.

Hadirnya TPKAD tersebut demi mengembalikan sektor keuangan daerah stabil. Ludy berharap Pemerintah Kabupaten Tegal bisa melakukan edukasi kepada seluruh elemen masyarakat.(*/dik)
Share this post :

Berita Populer

Statistik

 
| |
Copyright © 2016. ranahpesisir - All Rights Reserved
Admin by redaksi
Proudly presetnt by ranahpesisir.com