Selamat Datang!

Imawan: Wisuda, Manifestasi Keberhasilan Meraih Gelar Akademik

Wisuda Ahli Madya ke-39, Sarjana ke-60 dan Magister ke-5 Tahun Akademik 2018-2019 Universitas Pancasakti Tegal/foto: isti
TEGAL- Acara wisuda bukanlah seremonial belaka, tetapi merupakan manifestasi keberhasilan seseorang dalam meraih gelar akademik. Wisuda hendaklah menjadi momentum keberhasilan dan sebagai langkah awal untuk mencapai tujuan selanjutnya.

Hal itu disampaikan Ketua Yayasan Pendidikan Pancasakti (YPP) Tegal, Dr H Imawan Sugiharto SH MH dalam sambutanya pada Sidang Senat Terbuka Universitas Pancasakti (UPS) Tegal dalam rangka wisuda Ahli Madya ke-39, Sarjana ke-60 dan Magister ke-5 Tahun Akademik 2018-2019, di Gedung Auditorium Darijoen Senoatmodjo, Sabtu (29/9).

"Selamat dan sukses kepada para wisudawan/wisudawati yang secara resmi telah menyelesaikan proses pendidikan formal yang cukup panjang dan melelahkan di UPS Tegal," ucap Imawan dihadapan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah VI Jawa Tengah, Ketua dan anggota Senat UPS, Rektor dan wakil, Dekan, Ketua Program Studi (Prodi), Kepala Biro dan Lembaga di lingkungan UPS, wisudawan dan keluarga serta tamu undangan.

Ucapan terima kasih juga disampaikan kepada orang tua para wisudawan/wisudawati yang telah memberikan dukungan dan bimbingan kepada putra putrinya untuk menempuh pendidikan di UPS Tegal.

"Tentunya kami juga memohon maaf apabila terdapat banyak kekurangan dalam proses pendidikan yang ditempuh oleh putra putri bapak/ibu semuanya," tutur Imawan.

Dikemukakan, YPP sebagai badan penyelenggara tentunya selalu berupaya dan bekerja keras mengembangkan UPS menjadi universitas yang unggul dibidang literasi, dan berwawasan global serta berkeprbadian pancasila.

Untuk menjawab tuntutan global di era revolusi industri sekarang ini, YPP telah mencanangkan visinya selama 20 tahun kedepan. Yaitu, menjadi Badan Pengelola Pendidikan dan Pengembangannya yang Kuat, Bermartabat dan Berwawasan Global pada tahun 2038.

KUAT artinya memiliki aset yang mampu menjamin penyelenggaraan lembaga pendidikan dan pengembangannya.

BERMARTABAT artinya menjunjung tinggi profesionalisme, dan akuntabilitas dalam penyelenggaraan lembaga pendidikan dan pengembangannya.

BERWAWASAN GLOBAL artinya memiliki dan memperoleh pengakuan networking dalam skala nasional dan internasional

Sebagai perwujudan dari visi tersebut, berbagai upaya dan kerja keras terus dilakukan oleh YPP. Diantaranya melalui pengembangan sarana dan prasarana pendukung, peningkatan kualitas kerja kelembagaan, serta pengembangan Badan Usaha Milik Yayasan (BUMY) yang bergerak dibidang perdagangan barang dan jasa.

Tidak ketinggalan YPP menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada para pimpinan dan civitas akademika di lingkungan UPS, atas berbagai upaya yang telah dilakukan untuk kemajuan lembaga. Diantaranya, melalui peningkatan kualitas pembelajaran, peningkatan kualitas serta kuantitas penelitian dan pengabdian masyarakat.

Termasuk, peningkatan publikasi ilmiah dosen dalam jurnal nasional dan internasional bereputasi yang terindeks scopus dan sejenisnya, dan torehan prestasi mahasiswa serta dosen dalam lingkup lokal, nasional dan internasional, serta masih banyak prestasi lainnya.

"Alhamdulillah UPS memperoleh nilai B pada akreditasi institusi (APT), dan mayoritas program studi juga terakreditasi dengan nilai B, dan bahkan ada 1 prodi yang terakreditasi A, yaitu Prodi A1 Ilmu Hukum," pungkasnya.

Pihaknya berharap, kedepan UPS mampu untuk membuka prodi baru, baik pada jenjang vokasi, sarjana, magister maupun doktoral yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat. (didik)
Share this post :
 
| |
Copyright © 2016. ranahpesisir - All Rights Reserved
Admin by redaksi
Proudly presetnt by ranahpesisir.com